161 jamaah calon haji Kabupaten Solok telah berangkat ke Tanah Suci

id 161 jamaah, calon haji, Kabupaten Solok, telah berangkat, ke Tanah Suci

161 jamaah calon haji Kabupaten Solok telah berangkat ke Tanah Suci

161 jamaah calon haji Kabupaten Solok telah berangkat ke Tanah Suci (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Sebanyak 163 jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang tergabung ke dalam gelombang II kloter 14 telah berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi pada Senin (19/6) kemarin.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag), Kabupaten Solok Zulkifli di Solok, Selasa menyebutkan jamaah haji asal Kabupaten Solok tergabung ke dalam kloter 14 gelombang kedua dan telah berangkat ke tanah suci pada Senin (19/6) kemarin.

"Yang tergabung dalam gelombang kedua ini, yakni Kabupaten Solok, Kota Solok Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawah Lunto, dan Kota Padang dengan total seluruh jamaah berjumlah 393 orang," ujar dia.

Ia juga mengatakan untuk tahun ini jumlah jamaah calon haji dari Kabupaten Solok berjumlah 163 orang.

Namun ada satu orang yang telah meninggal dunia dan satu orang lainnya sedang sakit sehingga total yang diberangkatkan tahun ini berjumlah 161 orang.

"Ketua kloter 14 pada tahun ini berasal dari Kabupaten Solok, yaitu bapak Bustami," ujar dia.

Selain itu, ia juga mengatakan mengenai jamaah termuda dari Kabupaten Solok pada tahun ini berusia 23 tahun dan jamaah tertua berusia 86 tahun.

"Sedangkan rata-rata jamaah kita pada tahun ini usianya di atas 64 tahun," ujar dia.

Di samping itu, Bupati Solok melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kemasyarakatan dan SDM Mulyadi Marcos mengucapkan selamat kepada para jamaah calon haji yang sebentar lagi akan diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekah.

"Semoga para jamaah berangkat dengan hati gembira untuk beribadah dan bertamu ke rumah Allah SWT,” ucap Mulyadi.

Ia juga berpesan kepada para JCH agar tetap menjaga kesehatan dan senantiasa bisa melaksanakan rukun Islam yang kelima, yakni naik haji dengan baik dari awal berangkat sampai balik lagi ke Kabupaten Solok.

Ia mengimbau untuk dapat selalu mematuhi aturan selama melakukan ibadah haji. ***3***