Jamaah haji kloter tujuh asal Tanah Datar tiba dengan dengan selamat

id Jamaah haji kloter tujuh asal Tanah Datar ,berita tanah datar,berita sumbar,haji sumbar,haji 2024

Jamaah haji kloter tujuh asal Tanah Datar tiba dengan dengan selamat

Jamaah haji kloter tujuh asal Tanah Datar tiba dengan dengan selamat (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Ratusan jamaah haji asal Kabupaten Tanah Datar yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) tujuh embarkasi Sumatera Barat tiba di di daerah itu dengan selamat.

Kedatangan rombongan sebanyak tujuh bus tersebut disambut Pemkab Tanah Datar serta keluarga yang bersangkutan di Indojolito Batusangkar Senin, (1/7).

Ketua rombongan haji Tanah Datar, Arnis di Batusangkar mengatakan selama menjalani ibadah haji jamaah asal Tanah Datar mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

"Terimakasih kepada Bupati, kami selalu dihubungi dan selalu menanyakan kondisi para jamaah yang tengah menjalankan ibadah di tanah suci," kata dia

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Amril menyebutkan, jika untuk tahun 2024, jumlah jamaah haji dari Tana Datar sebanyak 289 orang jamaah.

Dari jumlah itu yang tergabung dalam kloter tujuh sebanyak 253 orang diantaranya 99 orang perempuan, dan 154 laki-laki. Namun, saat masuk asrama haji sewaktu akan berangkat, satu jamaah laki-laki meninggal dunia.

"Artinya yang berangkat hanya 252 orang. Dari jumlah itu yang kembali pulang saat ini hanya 251 orang, karena satu orang lagi saat ini masih di rawat di Arab Saudi. Berkemungkinan pulang dengan kloter lain," kata dia.

Sedangkan 36 orang lainnya tergabung dalam Kloter 17 dengan 15 orang laki-laki, dan 21 jamaah perempuan, yang kepulangannya akan menyusul.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas kepulangan para jamaah haji asal Tanah Datar dengan selamat.

"Setelah 40 hari menjalankan ibadah haji dan saya melepas keberangkatan dengan kesederhanaan di waktu itu, Alhamdulillah pada hari ini kembali dengan selamat dengan status haji dan Hajah. Kami doakan semoga semua haji yang mabrur," kata dia.