Warga Maua Agam diserang buaya saat mencari ikan

id Warga Maua Agam diserang buaya,Berita agam,Buaya agam,Berita sumbar

Warga Maua Agam diserang buaya saat mencari ikan

Tim PAGARI Salareh Aia sedang mendata korban yang diserang buaya muara, Rabu (31/5) malam. Dok PAGARI Salareh Aia

Lubukbasung (ANTARA) - Seorang warga Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Usan (48) diserang diduga buaya muara saat mencari ikan di Sungai Batang Masang, Rabu (31/5) sekitar pukul 23.00 WIB.

Ketua Unit Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) Salereh Aia, Rano Karno di Lubukbasung, Kamis, mengatakan Usan mengalami luka robek pada bagian kaki kiri.

"Kaki kiri mengalami luka robek bekas gigitan satwa dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tenang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," katanya.

Ia mengatakan, korban diserang buaya muara ketika mencari ikan menggunakan jala atau jaring lempar bersama tiga orang temannya atas nama Sikah, Peli dan Andi.

Saat itu, tambahnya, buaya dengan panjang sekitar tiga meter itu terkejut dan langsung menyerang korban dengan menggigit pada kaki bagian kiri.

Melihat kondisi korban diserang, ketiga kawannya langsung menolong dan buaya melepaskan gigitan itu, sehingga korban langsung dibawa pulang.

"Ini keterangan yang saya peroleh dari korban dan ketiga temannya," katanya.

Sementara Pelaksana Harian Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar, Rusdiyan P. Ritonga menambahkan Tim PAGARI Salareh Aia telah turun ke lokasi setelah mendapatkan informasi ada konflik manusia dengan satwa liar jenis buaya muara.

"Ini respon awal ketika ada warga diserang buaya dan langsung disikapi Tim PAGARI Salareh Aia yang kita betuk," katanya.

Ia mengakui, sungai tersebut merupakan habitat buaya muara, sehingga tidak mungkin buaya itu ditangkap atau di translokasi.

Untuk penanganan di lapangan, BKSDA bakal membuat spanduk atau papan peringatan di sekitar lokasi kejadian. Spanduk dan papan peringatan berisikan imbauan agar masyarakat agar berhati-hati beraktifitas di area tersebut karena ada buaya.