Australian Border Force kunjungi Kantor Kelas I TPI Imigrasi Padang

id Australian Border Force ,TPI Imigrasi Padang,berita sumbar,beirta padang

Australian Border Force kunjungi Kantor Kelas I TPI Imigrasi Padang

Kepala Imigrasi Kelas I TPI Padang Tedi Hartadi Wibowo (kiri) memberikan cenderamata kepada Perwakilan Australian Border Force (ABF), Miss Sairul Zen (kanan), pada Kamis (25/5) di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang (ANTARA - HO Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang).

Padang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Provinsi Sumatera Barat menerima kunjungan Australian Border Force (ABF), yang diwakili oleh Miss Sairul Zen di Ruang Rapat Yusuf Adiwinata, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, pada Kamis (25/5).

Dalam kesempatan ini juga diadakan pelatihan Passenger Assesment Training , yang diselenggarakan oleh Australian Border Force (ABF) , bekerjasama dengan Direktorat Kerjasama Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi, yang turut hadir mendampingi pelatihan tersebut.

“Ini merupakan ajang untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait isu yang berkembang pada saat ini,“ kata Kepala Imigrasi Kelas I TPI Padang, Tedi Hartadi Wibowo dalam sambutannya.

Ia menambahkan, karena adanya perkembangan teknologi dan kemajuan transportasi menjadikan batas negara menjadi tipis. Sehingga hal ini dapat menjadi potensi serius terhadap pelanggaran keimigrasian.

“Imigrasi memiliki amanah untuk mengawasi lalu lintas orang yang masuk dan keluar wilayah Negara Indonesia, sehingga sebagai negara yang berdaulat tentunya peran imigrasi menjadi sangat penting,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh petugas imigrasi yang bertugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Materi yang disajikan meliputi intelijen, people smuggling, communication, dan document froud.

Imigrasi Kelas I TPI Padang memiliki dua tempat pemeriksaan imigrasi, yakni TPI Teluk Bayur dan TPI Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Keduanya merupakan tempat lalu lintas keluar masuk orang asing yang berada di Wilayah Sumatera Barat.

Dalam kegiatan ini diperagakan alat - alat pendeteksi dan metode yang digunakan untuk menunjang kinerja petugas, dalam melakukan pemeriksaan terhadap orang yang melintas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Kegiatan serupa juga pernah dilakukan di beberapa Kantor Imigrasi yang memiliki tempat pemeriksaan imigrasi sehingga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman petugas.