Gubernur Sumbar lantik Fernando sebagai Pj Bupati Mentawai

id Pj bupati mentawai 2023,Gubernur Sumbar ,berita sumbar,berita padang,mahyeldi,berita mentawai,pemprov sumbar

Gubernur Sumbar lantik Fernando sebagai Pj Bupati Mentawai

Gubernur Sumbar, Mahyeldi lantik Pj Bupati Mentawai. ANTARA/Miko Elfisha.

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi melantik secara resmi Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Penjabat Bupati Mentawai yang akan memimpin daerah kepulauan itu satu tahun ke depan.

Penunjukan Pj Bupati Mentawai itu berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3 - 1215 tahun 2023 tanggal 20 Mei tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam pelantikan itu di Padang, Rabu mengatakan tugas dan tanggung jawab Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai, walaupun sementara bukanlah hal yang mudah.

"Pj Bupati bertanggung jawab untuk menjamin berjalannya roda pemerintahan secara baik serta menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Mahyeldi.

Selain itu, kata gubernur, Pj Bupati Mentawai juga ditugaskan untuk memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dan Pilkada di Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2024. Dalam hal itu peran kepala daerah penting untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara.

"Untuk menjalankan tugas berat itu Pj Bupati harus bisa berkoordinasi dengan semua jajaran, baik internal, lintas instansi dan dengan banyak pihak lain yang terkait termasuk provinsi," ujarnya.

Ia menyebut Mentawai memiliki potensi besar di bidang kelautan dan wisata. Diharapkan dengan telah dilantiknya Pj bupati potensi itu bisa dikelola dengan lebih baik.

Apalagi saat ini Mentawai telah memiliki bandara yang telah ditingkatkan lebar dan panjang landasannya sehingga bisa menampung jenis pesawat yang lebih besar. Ini bisa mendukung pengembangan potensi daerah.

Pada kesempatan tersebut gubernur juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Sekretaris Daerah, Martinus Dahlan yang sebelumnya dipercaya menjadi Pj Bupati Mentawai 2022-2023.

Ia menilai Martinus telah menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan baik selama satu tahun terakhir.

Bersamaan dengan pelantikan Pj Bupati, ikut dilantik Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kepulauan Mentawai yang baru.