Pemkab Tanah Datar siapkan anggaran perbaikan jalan menuju objek wisata Aua Sarumpun

id Pemkab Tanah Datar,Bupati Tanah Datar Eka Putra,Berita tana datar,Berita sumbar,Puncak Aua Sarumpun

Pemkab Tanah Datar siapkan anggaran perbaikan jalan menuju objek wisata Aua Sarumpun

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat siapkan anggaran untuk perbaikan jalan utama menuju objek wisata Aua Sarumpun di Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Senin, mengatakan perbaikan jalan tersebut bertujuan untuk mendukung peningkatan pariwisata serta menarik lebih banyak lagi kunjungan wisatawan ke Aua Sarumpun.

"Pada tahun ini kami Pemerintah Daerah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp300 juta untuk perbaikan jalan yang selama ini dikeluhkannya setiap menuju Puncak Aua Sarumpun," kata dia.

Dia mengatakan, karena anggaran terbatas, perbaikan jalan menuju Puncak Aua Sarumpun dilakukan secara bertahap, dan secara keseluruhan ditargetkan tuntas pengerjaannya pada tahun depan.

Dia juga meminta dukungan masyarakat setempat untuk hibahkan sedikit lahan untuk pelebaran jalan, sehingga nantinya bisa memberikan kenyamanan bagi kendaraan yang melewatinya.

"Tahun depan InsyaAllah infrastruktur selesai, tapi kalau bisa kepada masyarakat kami harapkan untuk menghibahkan sedikit tanahnya untuk pelebaran jalan. Kami tidak memaksa, kalau tidak ada tidak apa, yang ini saja kita lanjutkan pengerjaannya," kata dia.

Selain memperbaiki akses jalan, diharapkan juga kepada pengelola wisata Puncak Aua Sarumpun untuk mempercantik lokasi dengan sedikit menambah spot foto kekinian.

"Seperti tempat-tempat duduk atau spot-spot lainnya sehingga nantinya banyak wisatawan yang berfoto dan Puncak Aua Sarumpun makin dikenal," kata dia.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Tanah Datar Refdizalis mengatakan untuk perbaikan jalan menuju Puncak Aua Sarumpun tersebut telah dianggarkan perbaikan sebesar Rp300 juta, untuk pengerjaan direncanakan akan dimulai pada Juli mendatang.