28 calon haji asal Kota Solok jalani vaksinasi meningitis

id vaksinasi jamaah haji,vaksinasi meningitis,pelayanan haji

28 calon haji asal Kota Solok jalani vaksinasi meningitis

Calon haji menjalani pemeriksaan sebelum mendapat suntikan vaksin meningitis di Kota Solok, Sumatera Barat.(ANTARA/HO-Diskominfo Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Sebanyak 28 calon haji asal Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat, yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun ini menjalani vaksinasi meningitis di RSUD Kota Solok di Banda Panduang.

Anggota Tim Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Solok Yori Rahma Yulita di Solok, Selasa, mengatakan bahwa ada 30 calon haji yang dijadwalkan menjalani vaksinasi meningitis di RSUD, tetapi dua di antaranya kondisinya kurang fit sehingga vaksinasinya ditunda.

Vaksinasi meningitis calon haji dilaksanakan oleh Tim Seksi Pelayanan Kesehatan, Tim Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dan petugas PSC 119 Kota Solok.

Selain menjalani vaksinasi COVID-19 dan vaksinasi influenza, anggota jamaah Indonesia yang hendak menunaikan ibadah haji di Tanah Suci harus menjalani vaksinasi meningitis.

Yori menekankan pentingnya vaksinasi untuk mencegah penularan penyakit meningitis.

"Diperkirakan sekitar 10 hingga 15 persen orang yang terserang penyakit meningitis meninggal, bahkan meski sudah diobati dengan antibiotik," kata dia, menambahkan, "Itulah sebabnya vaksinasi meningitis perlu dilakukan."