Survey lokasi gempa Ngarai Sianok, BPBD imbau warga waspadai dinding tebing

id BPBD agam,Berita agam,Gempa bukittinggi,Berita sumbar,Ngarai Sianok

Survey lokasi gempa Ngarai Sianok, BPBD imbau warga waspadai dinding tebing

Ngarai Sianok yang mengalami longsor dan meninggalkan retakan saat terjadinya gempa di Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) -

Bukittinggi (ANTARA) -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan survey lokasi dampak gempa di Ngarai Sianok, petugas meminta warga mewaspadai kemungkinan runtuhbya tebing yang mengalami retak sepanjang belasan meter.

"Kami lakukan survey lokasi runtuhnya tebing Ngarai Sianok yang berada di Koto Siladang, Jorong Sianok pasca gempa pada Sabtu (08/04) lalu, warga diminta waspada," kata Analis BPBD Agam, Fauzan Azima, Sabtu.

Ia mengatakan pemantauan dilakukan bersama tim pemerintahan Kabupaten Agam dengan teknologi pengindraan jarak jauh.

"Teknik pengindaraan jarak jauh kami lakukan dengan drone yang memetakan adanya retakan di dinding tebing setinggi 15 meter," kata dia.

Ia mengungkapkan retakan terjadi saat gempa yang diketahui dari adanya pergeseran sesar semangka di daerah setempat.

"Gempa diindikasikan karena adanya pergeseran sesar semangko pada segmen sianok, hingga menimbulkan retakan," kata Fauzan.

Warga sekitar dan pengguna jalan saat ini masih bisa melalui jalan yang menghubungkan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi tersebut.

"Meski masih tergolong aman, warga dan pengguna jalan diminta tetap waspada saat melalui jalan di bawah retakan tebing ini," kata Fauzan.

Saat gempa terjadi, lokasi tersebut ditutup sementara oleh kepolisian setempat karena resiko dinding tebing ngarai yang rentan.

Gempa dengan skala 4,5 magnitudo itu terjadi sekitar pukul 12.21 WIB, getaran gempa kuat terasa hingga menggetarkan rumah dan kaca jendela.

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa itu terjadi di lokasi 0.30 LS, 100.28 BT di wilayah 9 kilometer Barat Laut Bukittinggi, Sumbar, dengan kedalaman 10 kilometer.