SKIPM distribusikan 700 paket ikan tuna berkualitas bagi masyarakat Sumbar

id Padang,Sumbar,BKIPM

SKIPM distribusikan 700 paket ikan tuna berkualitas bagi masyarakat Sumbar

Kepala Pusat Pengendalian BKIPM Widodo Sumiyanto bersama anggota DPR RI Hermanto dan Kepala SKIPM Padang Abdur Rahman melepas 700 paket ikan tuna yang akan dibagikan kepada masyarakat (ANTARA/Mario SN)

Padang (ANTARA) - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Pangan (SKIPM) Padang mendistribusikan 700 paket ikan tuna bermutu yang disebar ke sejumlah daerah dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) 2023 dengan tema Peran BKIPM dalam penjaminan Mutu dan bebas mikroplastik.

Kepala SKIPM Padang Abdur Rohman di Padang, Jumat mengatakan kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) tahun 2023 ini bertujuan untuk mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan mensosialisasikan serta edukasi masyarakat dalam pewujudan penjaminan ikan sehat dan bermutu.

Pihaknya berkolaborasi dengan Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto yang mendorong SKIPM menganggarkan kegiatan ini di Sumbar dan kegiatan ini juga digelar serentak di seluruh wilayah lndonesia oleh Unit Kerja Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT)BKIPM.

Menurut dia 700 paket berupa potongan ikan tuna yang berasal dari Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang berada di Sumatera Barat. Penyaluran pekat secara simbolis diberikan oleh Anggota DPR RI Komisi IV Hermanto dan Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM Widodo Sumiyanto kepada perwakilan masyarakat yang selanjutnya akan didistribusikan ke delapan kota dan kabupaten.

Ia mengatakan paket tersebar ke 10 kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Barat yaitu Kota Padang 250 paket, Kota Solok 50 paket, Kota Sawahlunto 50 paket.

Kemudian Kota Padang Panjang 50 paket, Kabupaten Solok Selatan 75 paket, Kabupaten Sijunjung 75 paket, Kabupaten Tanah Datar 75 paket dan Kabupaten Solok 75 paket.

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya SKIPM Padang atas kegiatan ini.

Dirinya berharap masyarakat teredukasi tentang pentingnya penjaminan mutu ikan sebelum dikonsumsi.

Ia juga mengapresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya SKIPM Padang atas kegiatan ini, dengan harapan bahwa masyarakat teredukasi tentang pentingnya peran BKIPM dalam penjaminan mutu ikan sebelum dikonsumsi.

“Kita juga berharap sinergi antar instansi sehingga peningkatan mutu dan kebutuhan pangan rakyat dapat terpenuhi dengan baik,” kata dia.