Lapas Bukittinggi gelar tes urine wujudkan Lapas bersih dari narkoba

id lapas bukittinggi,tes urine,lapas bersih dari narkoba,kemenkumham sumbar

Lapas Bukittinggi gelar tes urine wujudkan Lapas bersih dari narkoba

Tes urine di Lapas Bukittinggi, Sumatera Barat. (ANTARA/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Lapas Bukittinggi, Sumatera Barat menggelar tes urine untuk wujudkan lapas bersih narkoba dalam menyambut bulan suci Ramadan dan memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023.

"Kami menggandeng BNN Kota Payakumbuh. Sebanyak 589 warga binaan dan 72 pegawai semua diperiksa," kata Kalapas Bukittinggi, Marten, Senin.

Ia mengatakan pelaksanaan tes urine dipantau langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar beserta jajaran, Forkopimda Bukittinggi, dan Kesbangpol Bukittinggi.

"Tes urine yang dilakukan bertujuan agar warga binaan dan pegawai Lapas bebas dari narkoba dengan slogan BERSINAR atau Bersih Narkoba," katanya.

Ia menegaskan Lapas Bukittinggi harus bebas dari narkoba meskipun masih ada anggapan dari masyarakat bahwa di Lapas masih banyak narkoba yang beredar.

"Oleh karena itu, kami mengelar tes urine untuk menjawab pertanyaan masyarakat itu," ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto memberikan apresiasi kepada Lapas Bukittinggi yang telah memulai atau mengelar tes urine bagi warga binaan dan seluruh pegawai.

“Dari 28 Satuan Kerja (Satker), Lapas Bukittinggi yang awal menggelar tes urine, kegiatan ini dalam rangka menyikapi perkembangan yang sangat marak di Sumbar dan ini kegiatan positif untuk memastikan bahwa Lapas Bukittinggi berjuang melakukan yang terbaik yakni bebas narkoba,” katanya.

Plh. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh, Denni Ashar mengatakan dari tes urine telah dilaksanakan tidak ditemukan seorangpun yang memiliki riwayat positif.

"Dari warga binaan maupun pegawai yang telah melaksanakan tes urine hasilnya negatif semua," katanya.