Wako Pariaman dianugerahi gelar kehormatan profesor di Korsel

id Wali kota pariaman,Genius umar

Wako Pariaman dianugerahi gelar kehormatan profesor di Korsel

Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar (kiri) berfoto bersama dengan Rektor Jungwon University Presiden Profesor Hwang Yun-Heon saat menerima gelar kehormatan profesor dari perguruan tinggi tersebut. (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar dianugerahi gelar kehormatan profesor dari Jungwoon University, Korea Selatan karena dinilai berhasil mengembangkan sektor pariwisata dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Pengukuhan gelar kehormatan profesor tersebut dilakukan oleh Rektor Jungwon University Presiden Profesor Hwang Yun-Heon di Korea Selatan pada Kamis (16/3).

Pada saat pengukuhan tersebut, Genius Umar mengatakan Pemerintah Kota Pariaman memiliki visi sebagai daerah tujuan wisata sehingga dalam mengambil kebijakan pihaknya mengedepankan peningkatan ekonomi melalui pariwisata.

"Apalagi Pariaman berada di kawasan pesisir pantai sehingga pengembangan wisata bahari dan kebudayaan menjadi penunjang pariwisata," katanya.

Ia mengatakan pengembangan pariwisata akan menimbulkan banyak manfaat bagi dunia usaha mulai dari wisata kuliner hingga ekonomi kreatif.

Bahkan, lanjutnya karena adanya kontribusi dan dukungan semua pihak perkembangan pariwisata Pariaman membantu memperbaiki ekonomi daerah yang pada pandemi pertumbuhannya mencapai minus satu namun satu tahun kemudian menjadi 4,55.

Selain itu peredaran uang di Pariaman mengalami peningkatan hingga 98,5 persen dari 2021 ke 2022 sehingga memicu peningkatan pendapatan warga setempat.

Ia mengatakan strategi peningkatan pariwisata Pariaman diawali dengan penetapan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPPAR) sebagai pedoman dalam pengembangan pariwisata.

"Kami juga menetapkan pariwisata di Pariaman menjadi empat zona. Mulai dari zona rekreasi bahari yaitu Pantai Gandoriah hingga Pantai Sunur. Kemudian zona ekowisata bahari di Pulau Kasiak Nareh hingga zona wisata minat khusus dan zona agrowisata pedesaan," ujarnya.

Genius mengatakan Pariaman memiliki wisata budaya tabuik yang menjadi magnet untuk mendatangkan turis lokal dan mancanegara. Daerah itu juga memiliki sejumlah pulau yang dimanfaatkan sebagai tempat snorkeling dan diving.

Pariaman, lanjutnya juga menata kawasan tepi sungai menjadi kawasan water front city. Daerah itu juga telah menerapkan smart city dan smart living dengan berbagai program peningkatan kualitas pendidikan dan memberikan kehidupan layak bagi warga.

Untuk pendidikan, lanjutnya Pariaman menjamin pendidikan gratis hingga 12 tahun dan program beasiswa Saga Saja (satu keluarga satu sarjana) bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi vokasi yang terbaik di Indonesia.

"Terkait kesehatan jaminan kesehatan di Pariaman sudah memenuhi 99,6 persen lebih warga. Termasuk juga program perbaikan sanitasi air bersih dan renovasi rumah warga kurang mampu," tambahnya.

Sementara itu, Rektor Jungwon University Presiden Profesor Hwang Yun-Heon mengatakan bahwa sosok Genius Umar adalah pemimpin yang sukses yang mempunyai perspektif luas serta visi ke depan yang jelas guna meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat.

"Karena berbagai program kebijakan dan upaya dan kerja keras beliau untuk memajukan pariwisata yang memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi masyarakatnya, kami menganugerahkan gelar profesor atas kegigihannya," kata dia.