Tahun ketiga capai UHC, Pariaman komit berikan perlindungan kesehatan kepada warga

id Kepala Dinas Kesehatan Pariaman Nazifah,berita sumbar,berita pariaman

Tahun ketiga capai UHC, Pariaman komit berikan perlindungan kesehatan kepada warga

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menerima penghargaan karena capaian UHC JKN KIS. (ANTARA/ist)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat berkomitmen mempertahankan capaian Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan universal semenjak 2020 guna memberikan pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap warganya.

"Ini tahun ketiga Pariaman mencapai UHC. Sebenarnya kalau berobat gratis untuk warga miskin sudah diterapkan di Pariaman semenjak 2014. Karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan periode tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Pariaman Nazifah di Pariaman, Selasa.

Selanjutnya, kata dia Pariaman mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga memperkuat layanan kesehatan dari pemerintah daerah itu kepada warganya.

Ia menyebutkan Pemkot Pariaman menganggarkan dana dari APBD sebesar Rp11 miliar setiap tahunnya untuk membayar premi kepesertaan warga miskin sehingga cakupan UHC daerah itu saat ini bisa mencapai 99,6 persen dari sekitar 98 ribu jumlah penduduk.

"Anggaran tersebut tidak pernah diusik setiap tahunnya, pasti disediakan," katanya.

Selain menganggarkan dana dari APBD, lanjutnya Pemkot Pariaman juga memberikan sosialisasi kepada pemerintah desa, swasta, dan masyarakat terkait pentingnya terdaftar sebagai peserta JKN.

Ia menyampaikan dengan UHC tersebut maka seluruh warga Pariaman dapat berobat di fasilitas kesehatan hanya menggunakan KTP dan tanpa memikirkan biaya karena telah ditanggung melalui program JKN.

Karena Pariaman telah mencapai UHC maka kota tersebut pada hari ini menjadi salah satu daerah yang mendapatkan Penghargaan UHC dari pemerintah pusat.

Pemkot Pariaman, kata dia terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik khususnya di bidang kesehatan agar seluruh warga di daerah itu mendapatkan layanan dan perlindungan kesehatan.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi upaya dan kerja keras Pemerintah Daerah yang konsisten mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas berbagai upaya dan kerja keras Pemerintah Daerah yang konsisten mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional sebagai salah satu program prioritas nasional," kata Wapres di Jakarta.

Wapres mengemukakan itu dalam acara Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemerintah Daerah di Balai Sudirman, Jakarta.

la juga mengapresiasi langkah pemda dalam mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam Program JKN, serta meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. (*)