Pemkot Payakumbuh gelar kejuaraan tenis meja antar sekokah

id berita payakumbuh,berita sumbar,lomba tenis payakumbuh

Pemkot Payakumbuh gelar kejuaraan tenis meja antar sekokah

Pj Wako Payakumbuh bersama salah satu atlet muda di daerah tersebut. Antara/Ho-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Dalam rangka memupuk kembali semangat olahraga serta mencari bibit atlit-atlit muda, Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh menggelar Kejuaraan Tenis Meja antar Sekolah Sekota Payakumbuh yang Bertempat di Gor Nan Ompek Payakumbuh, Minggu (12/02).

Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Minggu menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada pihak panitia yang telah merencanakan dan melaksanakan turnamen tenis meja antar pelajar.

“Pelaksanaan Turnamen Tenis Meja antar Pelajar Sekota Payakumbuh tahun 2023 Memupuk kebangkitan kembali semangat dalam menggelorakan kegiatan olahraga tenis meja di Kota Payakumbuh. Apalagi turnamen saat ini di ikuti oleh atlet-atlet muda, tentu diharapkan dari hasil pertandingannya nanti mencetak atlet muda yang handal," katanya

Serta setelah turnamen ini bergulir, diharapkan tetap diadakan latihan rutin dengan pelatih yang handal ditingkat Nasional agar terus mengasah kelihaian atlet muda.

Ia mengatakan kegiatan Olahraga harus menjunjung tinggi nilai sportifitas karena kalah atau menang adalah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan.

“Kegiatan olahraga secara umum menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kalah menang adalah sesuatu yang biasa dan harus kita terima dengan lapang dada, saya hanya mengharapkan kepada peserta yang bertanding atau sporter pendukung, dapat memahami nilai-nilai sportifitas," ujarnya

Diharapkannya kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini tetap semangat apapun hasil yang didapat, karena kegiatan ini guna memberikan pengalaman tanding dan tolak ukur khususnya untuk atlet muda yaitu pemula yang nantinya akan menghadirkan kekuatan untuk berjuang menjadi atlet yang profesional dan potensial.

Senada, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar mengatakan pihaknya mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh karena telah membangkitkan kembali olahraga Tenis Meja dikalangan Pelajar.

"Ini adalah terobosan yang sangat liar biasa, karena tenis meja adalah olahraga yang cukup praktis serta tidak mahal, dan jika dilatih para pelajar akan cepat untuk pandai dalam olahraga ini," ujarnya.

Ditambahkannya, Ke depan diharapkan adanya tindak lanjut dari Pemerintah dan OPD terkait dari turnamen ini, sehingga diadakan pelatih dan adanya latihan rutin. Jika dibiarkan otodidak maka akan lama dalam perkembangan olahraga tenis meja.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril mengatakan perlombaan dilaksanakan oleh dinas pendidikan guna memetakan potensi calon atlet berbakat dari kota Payakumbuh, dan bagi para calon atlet ini nantinya akan difasilitasi dengan memberikan pelatihan khusus yang langsung dibimbing oleh pelatih dari tingkat nasional,” ungkap Dasril

Ia mengatakan jika nantinya kota Payakumbuh akan menggelar kejuaraan nasional (kerjunas) tenis meja yang akan difasilitasi oleh pembina tenis meja Provinsi Sumatra Barat melalui Irsyad Syafar.

“(Kejurnas) akan berlangsung tahun ini. Sebagai tuan rumah tentunya kita juga ingin membawa atlet kita meraih kesuksesan sebagaimana nantinya kota sukses melaksanakan iven berskala nasional ini di kota Payakumbuh yang kita cintai ini,” katanya.

Peserta kegiatan ini, kata dia cukup banyak dihari kedua ini terdapat 97 anak peserta didik akan bertanding, dan 95 persen sekolah ikut serta ambil posisi dalam kejuaraan ini.

Lebih lanjut, Dasril mengimbau agar sekolah-sekolah agar dapat mengaktifkan kembali fasilitas sarana dan prasarana olahraga pasca pandemi berlangsung

“Serta untuk para klub-klub dan individu perorangan di sekolah agar dapat memulai kembali aktivitas latihan seperti sediakala, sehingga kemampuannya selalu terasah agar kelak bisa menjadi atlet yang hebat yang membawa harum nama kota Payakumbuh di tingkat nasional bahan tidak menutup kemungkinan di tingkat internasional,” katanya.