Waspada! Hujan lebat dan angin kencang diprakirakan landa Sumatera

id potensi hujan lebat,cuaca indonesia,prakiraan cuaca,bmkg

Waspada! Hujan lebat dan angin kencang diprakirakan landa Sumatera

Ilustrasi - Lampu lalu lintas terkena angin kencang saat Badai Ian melanda di Fort Myers, Florida, Amerika Serikat, Rabu (28/9/2022). Badai Ian menyapu Pantai Teluk Florida dengan angin kencang, hujan deras dan gelombang tinggi. ANTARA FOTO/REUTERS/MARCO BELLO/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Sepuluh provinsi di Sumatera serta sejumlah wilayah Indonesia pada Minggu berpeluang mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang menurut peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut peringatan dini cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang antara lain berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Bagian wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpeluang mengalami kondisi cuaca serupa.

Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang terjadi hingga Februari 2023.

"Saat ini ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan," katanya.

Faktor pemicu peningkatan hujan di Jabodetabek, menurut dia, antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator dan Madden Jullian Oscillation atau MJO yang diprakirakan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera pada akhir Januari.

"Kemudian, adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya," kata dia.

Guswanto juga menyampaikan bahwa selama perayaan Imlek tahun 2023, hujan dengan intensitas ringan sampai sedang serta hujan lebat dalam durasi singkat berpeluang terjadi di bagian wilayah Jabodetabek pada siang menjelang sore.

"Potensi hujan masih harus diwaspadai, dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam durasi singkat," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hujan lebat dan angin kencang diprakirakan meliputi sejumlah wilayah
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2023