Pariaman telah miliki 82 orang penjaga pantai

id Pariaman,Wali Kota Pariaman Genius Umar,Berita Pariaman,Berita sumbar

Pariaman telah miliki 82 orang penjaga pantai

Penjaga pantai Kota Pariaman, Sumbar sedang mendengarkan arahan dari Wali Kota pariaman Genius Umar. (ANTARA/Disparbud Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat telah memiliki 82 penjaga pantai yang 35 orang diantaranya telah bersertifikat sebagai mitra menjaga kawasan objek wisata khususnya di tepi laut guna mencegah adanya korban tenggelam.

"Tahun lalu kami melatih 41 orang dan tahun ini juga 41 orang. Mereka berasal dari berbagai kalangan di antaranya nelayan, kelompok sadar wisata, komunitas surfing (berselancar), BPBD, Satpol PP, dan TNI," kata Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan dari 82 orang penjaga pantai tersebut setidaknya 35 orang diantaranya telah bersertifikat pelatihan. Pemerolehan sertifikatnya yaitu lima orang pada 2021 dan 30 orang pada 2022.

Sedangkan dana pelaksanaan pelatihan penjaga pantai tersebut berasal dari dana alokasi khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia menyampaikan puluhan penjaga tersebut biasanya beraktivitas di pantai sehingga dapat langsung membantu menyelamatkan korban tenggelam.

Ia berharap adanya pelatihan lanjutan untuk meningkatkan kemampuan puluhan penjaga pantai tersebut sehingga memiliki sertifikat tingkat nasional.

Gusniyetti juga berharap dengan adanya puluhan penjaga pantai tersebut dapat memperkuat penyelamatan korban tenggelam di daerah itu.

Meskipun Pariaman telah memiliki penjaga pantai namun wisatawan diminta tetap berhati-hati ketika berenang di tepi laut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan daerah itu merupakan kota wisata sehingga setiap objek wisata pantai harus memiliki penjaga agar wisatawan nyaman berkunjung.

"Wisatawan lokal maupun luar daerah tidak perlu lagi khawatir jika ingin berlibur di Kota Pariaman,” ujar

Ia menyampaikan dengan adanya penjaga pantai bersertifikat maka menunjukan keseriusan daerah memprioritaskan keselamatan wisatawan.

Genius mengatakan Pariaman memiliki potensi wisata bahari seluas 12,6 kilometer sehingga daerah itu terdapat banyak objek wisata pantai mulai Pantai Sunur, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Talao Pauh, Pantai Apar, dan Padang Birik-Birik.