Bank Nagari kembali raih TOP Digital Awards 2022

id Bank Nagari,Top digital Ewards

Bank Nagari kembali raih TOP Digital Awards 2022

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad raih Top Leader on Digital Implementation 2022. (ANTARA/HO-BN)

Jakarta (ANTARA) - Bank Nagari kembali meraih penghargaan TOP DIGITAL Awards 2022", sebagai salah satu perusahaan perbankan yang telah berhasil mengimplementasikan dan memanfaatkan teknologi informasi dan digital dalam peningkatan kinerja, produk dan layanan perbankan.

Bank Nagari meraih penghargaan pada kategori 1. TOP DIGITAL Implementation 2022 # Level Stars 4 **** : BANK NAGARI, 2. Top Leader on Digital Implementation 2022 : Muhamad Irsyad, Direktur Utama Bank Nagari.

3. TOP CIO on Digital Implementation 2022 : Sania Putra, Direktur Keuangan Bank Nagari.

TOP Digital Awards ini merupakan penghargaan tertinggi dibidang Teknologi Digital (IT & TELCO) yang terbesar di Indonesia dan yang diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintahan oleh It Works.

Setelah melalui serangkaian proses penjurian yang memakan waktu sekitar tiga bulan, para peraih bintang penghargaan “TOP Digital Awards 2022” akhirnya diumumkan secara langsung pada “Puncak Acara Penghargaan TOP Digital Awards 2022” yang berlangsung pada 15 September 2022, di Raffles Hotel, Jakarta.

Ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) & Solusi Digital terbesar tingkat nasional yang dihelat majalah ItWorks bekerjasama dengan sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia ini, dihadiri sejumlah Pimpinan Kementerian, Lembaga/Badan, Kepala Pemerintah Daerah, Walikota, Gubernur, serta IT Manager atau Chief technology officer (CTO)/ Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi dan institusi untuk menerima langsung penghargaan ini.

Sejalan dengan tema yang diangkat pada penyelenggaran event “TOP Digital Awards 2022” yakni “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government”, para peraih pengharagaan ini telah mampu membuktikan bahwa inovasi, kreatifitas dan terobosan digital yang dilakukan, baik oleh perusahaan, institusi, Lembaga ataupun organisasi telah berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Demikian juga peran dari para pimpinan kepala daerah, CIO atau CTO, terutama dalam upaya mendukung akselerasi transformasi digital untuk meningkatkan daya saing maupun layanan pelanggan maupun layanan masyarakat.

Secara umum, di tahun ketiga Pandemi COVID-19 ini, kreativitas dan inovasi serta antusias peserta, baik dari perusahaan, organisasi, maupun institusi dan lembaga pemerintahan dalam menghadirkan solusi inovasi baru berbasis technology digital, terus mengalami peningkatan.

Bahkan sejak pandemi COVID-19, transformasi digital mengalami lompatan baru di berbagai kalangan.

Pada lembaga atau institusi kepemerintahan, inovasi digital terutama sebagai upaya peningkatan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta implementasi dan pengembangan konsep smart city (kota cerdas).

Terkait SPBE, hal ini selaras dengan arah kebijakan nasional terkait arsitektur dan peta rencana SPBE yang diharapkan makin terpadu secara nasional. Kebijakan ini antara lain telah dituangkan melalui Surat Edaran Menteri PANRB No. 18/2022 tentang Keterpaduan Layanan Digital Nasional Melalui Penerapan Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE.

Adapun implementasi smart city, terkait adanya program pemerintah yakni gerakan menuju 100 Smart City di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi.

Sedangkan bagi pelaku usaha, inovasi dan akselerasi transformasi digital dilakukan sebagai upaya menyikapi situasi pandemi COVID-19 dan meningkatkan kinerja di era new normal, sekaligus sebagai upaya mempersiapkan diri memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan meningkatkan daya saingnya di kancah global.

Beberapa inovasi sistem aplikasi bisnis yang dikembangkan seperti Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) untuk mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan, aplikasi pemasaran, penjualan, manajemen keuangan (finance), HR, dan lainnya.

Berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh Lembaga dan institusi kepemerintahan juga makin luas hingga kde daerah-darah, baik oleh Pemda maupun pelaku usaha, termasuk dari kalangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Beberapa perusahaan dan instansi pemerintah berhasil meraih penghargaan paling bergengsi, yakni Golden Trophy yang merupakan kategori penghargaan tertinggi dalam ajang “TOP Digital Awards 2022”.

Di antaranya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Pegadaian (Persero), Direktorat Jenderal Pajak (djp) Kementerian Keuangan RI, dan PT Jasa Raharja (Persero).

Kelimanya berhasil menyabet Golden Trophy karena didasari atas pencapaiannya meraih penghargaan “TOP Digital Awards” kategori Bintang 5 (Sangat Baik) selama tiga tahun berturut-turut.

Hadir Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Prof. Edward O.S. Hiariej, menerima penghargaan Bintang 5 Top Digital Awards 2022, sekaligus mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly yang meraih penghargaan sebagai “TOP Leader on Digital Implementation 2022”.

Selain itu beberapa perusahaan dan instansi lainnya juga meraih penghargaan level Bintang 5 (Sangat Baik) atas terobosan dan inovasi digital yang dilakukan.

Di jajaran lembaga dan institusi pemerintah, di antaranya ada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Pemerintah Kabupaten Pasuruan, dan lainnya.

Sedangkan dari korporasi termasuk pengembang solusi aplikasi bisnis (business software developer), para peraih Bintangnya antara lain PT Deltadata Mandiri, PT Kideco Jaya Agung, ESTIM (software developer), PT Indonesia Indikator, PT Data Sinergitama Jaya (Elitery), PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), PT Bank Jatim, Perumdam Air Minum Apa' Mening (Malinau-Kaltara), RSUD Dr Iskak Tulungangung (Jatim), dan beberapa lainnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan peluncuran MSI Institute oleh Madani Solusi Internasiojnal (MSI) Group yang bergerak di bidang konsultasi dan pelatihan untuk penguatan aspek pembelajaran bersama dalam kegiatan award-award yang diselenggarakan.

Beberapa konsultasi dan pelatihan, terkait kegiatan penghargaan seperti TOP DIGITAL Awards, TOP CSR Awards, TOP GRC Awards, TOP BUMD Awards, TOP Awards, TOP Human Capital Awards, siap diselenggarakan.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad dan Direktur Keuangan Sania Putra berfoto usai terima penghargaan TOP Digital Award 2022. (ANTARA/HO-BN)
Ketua Penyelenggara Top Digital Awards 2022 M. Lutfi Handayani, MM., MBA yang juga Pemred Majalah ItWorks mengatakan, TOP DIGITAL Awards diselenggarakan setiap tahun oleh majalah ItWorks dari MSI Group, dengan didukung oleh para Pakar dan Dewan Juri dari berbagai asosiasi TI, seperti MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia), APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), FTII (Federasi Teknologi Informasi Indonesia) ASPILUKI (Asosiasi Piranti Lunak Indonesia), IDTUG (Indonesia Telecommunication User Group), dan LKN (Lembaga Kajian Nawacita).

Dikatakan,dari sejak tahun pertama penyelenggaraan, yakni tahun 2016, TOP DIGITAL Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran. Termasuk, pendirian MSI Institute sebagai wadah untuk memfasilitasi kegiatan konsultasi dan pelatihan, sekiranya diperlukan oleh para Peserta, untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

Adapun jumlah peserta tahun ini, sebanyak 183 Instansi pemerintahan dan korporasi bisnis. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, sebanyak 172 peserta, atau naik 6,5 persen dibanding tahun 2021 lalu. Dan insya Allah, jumlah ini merupakan jumlah peserta yang terbesar dalam award-award TI / teknologi digital di Indonesia.

Dijelaskan, Tujuan TOP DIGITAL Awards 2022, adalah untuk:

a. Mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan solusi digital di instansi pemerintahan dan perusahaan-perusahaan di Indonesia, untuk mendukung peningkatan daya saing perekonomian nasional, menuju Indonesia yang maju dan sejaterah.

b. Mendorong adanya inovasi-inovasi berbasis solusi digital, guna meningkatkan kinerja dan layanan kepada konsumen dan masyarakat.

c. Meningkatkan aspek pembelajaran bersama dibidang implementasi dan pemanfaatan teknologi digital bagi instansi pemerintahan dan korporasi bisnis di Indonesia.

d. Meningkatkan semangat dan keyakinan diri bagi Tim IT dan Pimpinan Instansi maupun korporasi, melalui pemberian apresiasi/ penghargaan atas keberhasilannya dalam melakukan investasi dan implementasi solusi digital.

Kami berharap, investasi yang umumnya tidak sedikit tersebut, membawa hasil dan manfaat bagi instansi dan korporasinya. “Yes It Works”… Yess.. semuanya berjalan dengan baik… Yess semua bermanfaat… Yess, semuanya berhasil.

“Itulah keyakinan diri, yang ingin kita tanamkan terus, terutama ketika mengambil keputusan investasi IT, agar bisnis kita tumbuh berkelanjutan. Agar instansi pemerintah kita, makin cepat dan berkualitas dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya.*

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad dan Direktur Keuangan Sania Putra berfoto usai terima penghargaan TOP Digital Award 2022. (ANTARA/HO-BN)