Jalinsum di Pasaman Ramai Arus Balik Lebaran

id Jalinsum di Pasaman Ramai Arus Balik Lebaran

Lubuk Sikaping, Sumbar, (Antara) - Memasuki H+4 Idul Fitri 1434 hijriah Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sumbar-Sumut di Kabupaten Pasaman kembali ramai dilewati para pengendara yang akan balik ke perantauan.

Riki Hendra, salah seorang warga Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan jalan umum di Pasaman sangat banyak dilewati kendaraan nomor polisi dari Provinsi Sumut dan Riau.

"Masyarakat sudah mulai balik karena ada yang harus masuk kantor untuk melakoni tugas sehari-hari," ujarnya.

Menurutnya, laju kendaraan para perantau balik cukup tinggi di jalanan terutama sejak kemaren (minggu) yang akan memulai aktifitasnya.

Sementara itu, pada sejumlah kawasan objek wisata di Pasaman juga masih ramai seperti di Equator dan Museum Tuanku Imam Bonjol dan Rimbo Panti.

Dimana, pada sejumlah kawasan objek wisata tersebut para pedagang masih banyak yang berjualan dan mendidrikan "lapak" untuk tempat para pengemudi singgah.

Warga lainnya di Kecamatan Padang Gelugur Rahmad menyebutkan, suasana di jalur kawasan padat penduduk Pantura (Panti, Tapus dan Rao) juga masih ramai dalam suasana lebaran.

"Kita mesti sangat berhati-hati dengan lalu-lalang kendaraan arus balik lebaran di kawasan ini yang ramai dilewati arus balik lebaran," ujarnya.

Jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Pasaman menghubungkan jalur Medan (Sumut) dan Sumbar serta Riau.

Dalam pengamanan pengamanan jalur ini, Pemkab setempat bersama Polri dan TNI telah menurunkan sejumlah personil yang terus berjaga untuk mengamankan serta mengatasi kemacetan pada suasana lebaran.

Bahkan, sejumlah tenaga medis serta tim dari BPBD juga ikut disiagakan untuk memberikan pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan disaat lebaran.

Disamping itu, pos peristirahatan juga sudah disiapkan, terutama pada dikawasan keramaian seperti di Kumpulan dan Rimbo Panti. (zik)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar