Meksiko gagal lolos ke 16 besar meski menang 2-1 atas Arab Saudi

id Timnas Meksiko,Timnas Arab Saudi,Piala Dunia 2022,Grup C Piala Dunia 2022,Timnas Argentina,Timnas Polandia

Meksiko gagal lolos ke 16 besar meski menang 2-1 atas Arab Saudi

Gelandang Meksiko Luis Chavez tertunduk lesu setelah gagal melaju ke babak 16 besar meski menang atas Arab Saudi dengan skor 2-1 di pertandingan terakhir Grup C Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Rabu (30/11/2022). (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta, (ANTARA) - Timnas Meksiko gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 meski mencatatkan kemenangan 2-1 atas Arab Saudi pada pertandingan terakhir Grup C di Stadion Lusail, Losail, Qatar, Kamis dini hari WIB.

Kemenangan tipis Meksiko ini tidak cukup membawa skuad El Tri lolos ke babak 16 besar karena kalah selisih gol dari Polandia yang kalah dari Argentina dengan skor 0-2.

Meksiko sempat unggul lebih dulu berkat gol yang dicetak oleh Henry Martin serta Luis Chavez, sebelum akhirnya Arab Saudi memperkecil ketertinggalan berkat Salem Aldawsari, demikian catatan FIFA.

Mendapatkan tiga poin, Meksiko menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup C dengan torehan 4 poin dari dua laga, sedangkan Arab Saudi berada di posisi juru kunci dengan raihan 3 poin.

Pada pertandingan ini Meksiko mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 61 persen penguasaan bola serta melepaskan 26 tendangan yang 11 di antaranya tepat sasaran.

Di babak pertama, Arab Saudi mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu melalui tendangan penyerang Saleh Alshehri, akan tetapi bola masih bisa ditepis oleh kiper Meksiko Guillermo Ochoa.

Selanjutnya giliran Meksiko yang memberikan ancaman ke kotak penalti Arab Saudi ketika umpan silang Alexis Vega masih bisa ditinju keluar oleh kiper Arab Saudi Mohammed Alowais.

Meksiko di sisa babak pertama terus memberikan serangan ke lini pertahanan Arab Saudi, akan tetapi skor sama kuat 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Meksiko mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu mencetak gol melalui tendangan Henry Martin memanfaatkan umpan Cesar Montes sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-47.

Skuad asuhan Gerardo Martino tersebut semakin bersemangat untuk menambah gol dan berselang lima menit, Meksiko mampu menambah keunggulan melalui tendangan bebas Luis Chavez sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Meksiko terus berupaya untuk mencari gol ketiga agar bisa lolos ke babak 16 besar, akan tetapi penampilan bagus dari Alowais mencegah hal tersebut.

Mimpi buruk bagi Meksiko lahir pada waktu tambahan babak kedua ketika penyerang Arab Saudi Salem Aldawsari mencetak gol memanfaatkan umpan Hattan Bahebri sehingga skor berubah menjadi 1-2.

Di waktu yang tersisa, Meksiko gagal mendapatkan gol ketiga sehingga laga berkesudahan dengan skor 2-1. Hasil ini membuat Meksiko dan Arab Saudi tidak lolos ke babak selanjutnya. (*)

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menang 2-1 atas Arab Saudi, Meksiko gagal lolos ke 16 besar