FKG Unbrah dan UMY Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Dalam Upaya Penguatan Kesehatan Gigi dan Mulut di Sumbar

id FkG Unbrah, FkG UMY

FKG Unbrah dan UMY Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Dalam Upaya Penguatan Kesehatan Gigi dan Mulut di Sumbar

Pengabdian masyarakat FKG Unbrah dan UMY beri penguatan pemgetahuan kesehatan gigi dan mulut. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah dan Prodi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kolaborasi dan kerja sama dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan pada Jumat hingga sabtu 18-19 November 2022 di SMK Pertanian Padang, SDN 44 Aie Pacah dan Puskesmas Aie Dingin serta Puskesmas Ikua Koto.

Dekan FKG Unbrah Dr. drg. Citra Lestari, MDSc, Sp. Perio saat membuka kegiatan pengabdian masyarakat di Aula SMK Pertanian Padang, Jumat 18 November 2022 mengatakan kolaborasi ini adalah pertama dilaksanakan dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai implementasi dari penandatanganan MoA pada tahun ini.

Ia menjelaskan kegiatan kolaborasi pengabdian masyarakat ini meliputi pelayanan kesehatan gratis untuk gigi dan mulut, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi massal, penyuluhan lansia dan kader kesehatan gigi masyarakat.

Khusus untuk pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis ini meliputi antara lain pencabutan gigi anak dan dewasa, penambalan gigi , pembersihan karang gigi yang kesemuanya dilaksanakan di Aula SMK Pertanian selama 2 hari.

Kemudian kegiatan pada hari yang pertama dilaksanakan sikat gigi massal dan edukasi kesehatan gigi dan mulut di SDN 44 Aie Pacah Koto Tangah.

Sedangkan hari kedua dilaksanakan di Puskesmas Ikua Koto yang meliputi penyuluhan lansia dan kader kesehatan masyarakat.

"Kami libatkan dosen/dokter gigi/dokter gigi spesialis sejumlah 24 orang beserta mahasiswa dari FKG Unbrah dan RSGM Baiturrahmah, sedangkan Kedokteran Gigi UMY hadirkan 10 dosen/dokter gigi/dokter gigi spesialis dan 4 alumni kedokteran gigi UMY serta dengan Tim Dental Rescue sebanyak 13 orang " Ujarnya.

Dokter spesialis tersebut terdiri atas Spesialis Penyakit Mulut, Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial, Spesialis Konservasi Gigi, Spesialis Periodonsi, Spesialis Kedokteran Gigi Anak, Spesialis Prostodonsia, dan Spesialis Ortodonsia serta didukung oleh tenaga medis Dokter Umum, apoteker dan bidan.

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini bukan hanya memenuhi tuntutan Tridharma Perguruan Tinggi melainkan juga mewujudkan upaya pemerintah dalam mengurangi intensitas penyakit gigi dan mulut khususnya di Sumbar.

Harapannya masyarakat, sejak dini mau mengidentifikasi penyakit gigi dan mulut dengan memeriksakan ke klinik guna mencegah perkembangan penyakit lanjutan yang disebabkan gigi dan mulut tersebut.

Adapun katanya, tema dari Kegiatan ini yakni "Satu Langkah Satu Tujuan Melangkah Bersama Mencapai Gigi Sehat Indonesia"

Senada hal tersebut Ketua Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY dr. Erma Sofiani, Sp.KG mengapresiasi kerja sama PKM dengan FKG Unbrah sebagai terobosan baru yang dilakukan prodi nya dengan institusi kedokteran gigi lainnya.

Foto bersama FKG Unbrah dan Prodi KG UMY. (ANTARA/ist)


Ia menyebutkan dalam kegiatan kolaborasi pelayanan ini menargetkan sebanyak 500 pasien lebih termasuk pembuatan gigi palsu dengan jumlah terbatas.

"Secara keseluruhan harapan kami hadir dalam kolaborasi ini untuk ikut meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia khususnya di Sumbar, " Ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Padang melalui drg. Eka Lusti, MM menyambut baik adanya kolaborasi kerja sama FKG Unbrah dan Prodi KG yang akan ikut berperan dalam meminimalkan penyakit gigi dan mulut di Padang dan Sumbar.

Peranan Kedokteran Gigi dalam memperkuat Kesehatan Gigi dan Mulut amat strategis sehingga kegiatan implementasi dari pendidikan seperti pengabdian perlu ditingkatkan intensitasnya.*

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022