Polisi di Bukittinggi ini prakarsai bedah rumah warga tidak mampu

id bedah rumah warga bukittinggi,Polisi Bhabinkamtibmas di Kota Bukittinggi,Berita Bukittinggi

Polisi di Bukittinggi ini prakarsai bedah rumah warga tidak mampu

Aiptu Doni Prahardi melakukan peletakan batu pertama bedah rumah yang diprakarsainya untuk warga tidak mampu di Garegeh, Bukittinggi. (ANTARA/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Polisi Bhabinkamtibmas di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat memprakarsai bantuan langsung ke warga tidak mampu berupa perbaikan sebuah rumah tempat tinggal yang tidak layak huni yang ditempati oleh tiga Kepala Keluarga (KK).

Kapolresta Bukittinggi bersama tokoh masyarakat setempat melakukan bedah rumah yang dimulai dengan peletakan batu pertama di Garegeh, Rabu.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Garegeh, Aiptu Doni Prahardi mengatakan rumah yang nyaris runtuh ini menjadi prioritas utamanya setelah dua minggu bertugas di daerah setempat.

"Rumah ini berlokasi di Komplek Mahkota Emas RT 03 RW 1, berdiri di atas tanah yang dipinjamkan keluarga dengan luas 8 x 12 meter dan ditinggali tiga kepala keluarga," kata Doni.

Rumah itu hanya beralaskan tanah, berdinding papan dan beratapkan seng yang tidak tersusun rapi dengan tambalan spanduk bekas di beberapa sisi.

"Rumah ini ditinggali oleh Darwin (63) , Rosnidar (71), Dira (35), Asril (28), dan Basri (25), Darwin mengalami penyakit stroke kurang lebih tiga tahun, sedangkan Rosnidar hidup sebatangkara yang mana suami beliau telah meninggal dunia, sedangkan ketiga yatim piatu Dira, Asril dan Basri keseharian bekerja serabutan dan sebagai pemulung," kata dia.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga tersebut hanya dibantu warga sekitar.

"Biayanya kami carikan secara swadaya, mudah-mudahan dalam hitungan hari sudah selesai, kasihan mereka," katanya.

Plt. Kapolresta Bukittinggi, AKBP Wahyuni Sri Lestari mengapresiasi langkah Bhabinkamtibmas melakukan Bedah rumah warga tidak mampu ini.

"Inovasi, kreasi dan ide yang positif ini yang sangat kita apresiasi, intinya Polri hadir ditengah-tengah masyarakat," ujar Polwan pertama yang menjabat Kapolres di Kota Bukittinggi itu.

Polwan asal Pati Jawa Tengah itu juga memohon dukungan para ninik mamak, bundo kandung dan warga sekitar lokasi agar kegiatan bedah rumah ini dapat berjalan dengan lancar sampai akhir nantinya.

Pada kesempatan tersebut Plt. Kapolresta juga menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan bedah rumah yang diberikan kepada Bhabinkamtibmas disaksikan Niniak Mamak, Bundo Kandung dan warga yang hadir dalam kegiatan Polri Peduli Sesama Bedah Rumah Warga tersebut.