Prajurit TNI Bukittinggi diperiksa tes urine antisipasi peredaran narkoba

id Prajurit TNI Bukittinggi,Kodim 0304/Agam ,peredaran narkoba agam

Prajurit TNI Bukittinggi diperiksa tes urine antisipasi peredaran narkoba

Kodim 0304/Agam melakukan pemeriksaan pemakaian dan peredaran narkoba melalui tes urine kepada prajurit secara acak (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kodim 0304/Agam Sumatera Barat melakukan tes urine yang dilakukan secara acak, sebagai langkah antisipasi peredaran narkoba dan pengamanan internal di lingkungan TNI pada Selasa (25/10).

Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko mengatakan kegiatan tes urine tersebut dilakukan berdasarkan perintah langsung dari pimpinan Pangdam Bukit Barisan yang dilaksanakan di Markas TNI Kodim 0304 di Bukittinggi.

Menurutnya, perintah pemeriksaan dikeluarkan dari Surat Telegram Pangdam I Bukit Barisan nomor STR 871 tahun 2022 tanggal 21 Oktober 2022 kepada dansat yang ada untuk melakukan pemeriksaan urine bagi prajurit.

"Jadi ini merupakan perintah dari Kodam I BB kepada komandan satuan yang ada di daerah untuk mengantisipasi penyebaran benda terlarang di area lingkungan kerja," kata Dandim

Ia menyebutkan tes urine dilaksanakan kepada prajurit terhadap 15 anggota Kodim 0304/Agam yang ditunjuk secara acak.

"Alhamdulillah, prajurit yang diperiksa ini negatif semua berdasarkan pemeriksaannya," katanya.

Ia menegaskan jika dalam pemeriksaan selanjutnya ditemukan adanya prajurit TNI yang positif narkoba, akan dilakukan tindakan tegas.

"Apabila nanti ditemukan yang positif maka nanti akan ditindaklanjuti secara langsung, dan akan ditelusuri dari mana barang itu didapatkan dan akan diproses berdasarkan aturan hukum yang berlaku," katanya.

Renggo Yudi menambahkan imbauannya kepada seluruh prajurit TNI Kodim 0304/Agam agar menghindari pemakaian apalagi peredaran narkoba yang menurutnya akan memberikan dampak buruk pada citra TNI.

"Secara keseluruhan tentu akan terpengaruh, mulai dari kesejahteraan prajurit, jabatan personil yang bersangkutan dan berbagai hal lainnya," pungkasnya.