750 atlet lari ikuti Pariaman Berlari di Pariaman

id pariaman berlari,wisata pariaman,genius umar

750 atlet lari ikuti Pariaman Berlari di Pariaman

Peserta Pariaman Berlari di Kota Pariaman, Sumbar menunggu aba-aba lomba dimulai. (ANTARA/Istimewa)

Pariaman (ANTARA) - Sebanyak 750 atlet lari yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan wisata olahraga Pariaman Berlari yang dilaksanakan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

"Ini merupakan kegiatan komunitas Pariaman Berlari yang didukung oleh Pemerintah Kota Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat pelaksanaan Pariaman Berlari di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan dengan kegiatan olahraga tersebut maka tidak saja mendukung wisata olahraga di daerah itu namun juga merupakan bentuk partisipasi komunitas di Pariaman dalam hal meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

Ia menyampaikan hal tersebut karena ratusan atlet yang mengikuti Pariaman Berlari tidak saja berasal dari berbagai daerah di dalam Sumbar namun juga luar provinsi itu mulai dari Sumatera Utara, Riau, Jambi, bahkan hingga Nusa Tenggara Timur.

Oleh karena itu, lanjutnya sebagian besar peserta tidur di Pariaman sehingga hal ini berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat khususnya penginapan dan kuliner.

"Namun banyak yang tidur di Padang karena penginapan Pariaman penuh," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Jonni Madrizal mendukung pelaksanaan Pariaman Berlari karena menggabungkan wisata dengan olahraga.

"Karena itu Pariaman Berlari sangat didukung oleh Kemenpora RI," katanya.

Hal tersebut karena Pariaman Berlari selain dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui wisata olahraga juga dapat mencari bibit atlet di tingkat Kota Pariaman.

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar John Kenedy Azis mengapresiasi Pariaman yang dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Sumbar dengan mempromosikannya melalui kegiatan olahraga dan wisata.

"Dulu Pariaman ini hanya sebagai transit orang dari Pasaman ke Padang atau sebaliknya, namun sekarang sudah ramai oleh wisatawan," ujarnya.

Menurutnya salah satu kegiatan yang dapat mendatangkan wisatawan sekaligus promosi daerah yaitu melalui olahraga oleh karena itu ia meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mandaftarkan Pariaman Berlari dalam kalender kagiatan kementerian tersebut.

*