Komunitas di Pariaman jadwalkan kegiatan Pariaman Berlari di lokasi objek wisata pada September

id Komunitas Pariaman Berlari ,Wali Kota Pariaman,Berita Pariaman,wisata olahraga pariaman

Komunitas di Pariaman jadwalkan kegiatan Pariaman Berlari di lokasi objek wisata pada September

Potongan brosur kegiatan Pariaman Berlari di Pariaman, Sumbar. ANTARA/HO-Pariaman Berlari

Pariaman (ANTARA) - Komunitas Pariaman Berlari di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadwalkan kegiatan 'Pariaman Berlari' yang kegiatan lomba lari itu dipusatkan di objek wisata yang ada di kota Tabuik tersebut pada 17-18 September 2022.

"Sasaran peserta dari dalam Sumbar dan luar Sumbar di antaranya Riau, Jambi, Bengkulu, dan Medan," kata Ketua Pariaman Berlari Muhammad Fahreza di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan itu selain untuk meningkatkan semangat berolahraga namun juga mempromosikan pariwisata di Pariaman sehingga sebelum hari pelaksanaan panitia akan membawa peserta mengelilingi sejumlah objek wisata dengan menggunakan angkutan khusus.

Ia menyebutkan dalam pelaksanaannya pihaknya membagi tingkatan lomba mulai dari 5 kilometer, 10 kilometer, dan 21 kilometer dengan total hadiah puluhan juta.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut dipusatkan di Pantai Kata, Pariaman yang merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di daerah itu.

"Pendaftarannya dimulai 9 Agustus hingga 10 September 2022 dengan mengontak panitia yang nomornya 0811 6680 529 sedangkan pendaftaran daring melalui https://www.beyondrun.com/event/Pariamanberlari22," katanya.

Ia berharap dengan dilaksanakan kegiatan tersebut berdampak positif terhadap pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat di Kota Pariaman.

Terpisah Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan Pariaman mengembangkan konsep wisata olahraga atau 'sport tourism' guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Banyak kegiatan olahraga wisata yang dilaksanakan di Pariaman mulai dari sepatu roda, bola kaki, dan karate," kata dia.

Dalam melaksanakan kegiatan wisata olahraga tersebut pihaknya juga melibatkan komunitas yang ada di Pariaman sehingga kegiatan yang dilakukan diharapkan lebih ramai dan bervariatif.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan belasan kegiatan olahraga dari 77 kegiatan wisata yang akan digelar sepanjang 2022 guna memperkuat wisata olahraga atau 'sport tourism' di daerah itu.

"Olahraga-olahraga ini mendukung pariwisata, seperti tenis yunior, sepatu roda, dan sepeda," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan Pariaman menerapkan konsep wisata olahraga atau "sport tourisme" sehingga antara olahraga dan wisata saling keterkaitan agar wisatawan dapat berwisata sambil berolahraga atau berolahraga sambil berwisata.