Pemkot Pariaman-Porserosi Sumbar agendakan gelar Kejurnas sepatu roda Oktober

id Pemkot Pariaman,Porserosi Sumbar,Kejurnas sepatu roda pariaman,sport tourisme pariaman,Berita pariaman

Pemkot Pariaman-Porserosi Sumbar agendakan gelar Kejurnas sepatu roda Oktober

Salah seorang atlet sepatu roda mengikuti Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman, Sumbar. Antara/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Sumbar mengagendakan menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) sepatu roda tingkat pelajar pada 21 sampai 23 Oktober 2022.

"Kami menargetkan jumlah pesertanya 600 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia," kata Ketua Porserosi Kota Pariaman Azral Malvinas di Pariaman, Rabu.

Kejurnas Sepatu Roda memperebutkan Piala Wali Kota Pariaman I dilaksanakan pada 2019 dengan jumlah peserta mencapai 400-an orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga Malaysia.

Kegiatan dengan konsep wisata olahraga tersebut pada 2020 dan 2021 tidak dapat dilaksanakan karena pandemi COVID-19 sehingga Kejurnas Sepatu Roda untuk memperebutkan piala wali kota ke II dilaksanakan tahun ini.

"2021 kami tetap melaksanakan kejuaraan sepatu roda tapi skala kecil dan bukan memperebutkan piala wali kota," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan di objek wisata Pantai Cermin sehingga peserta, official, dan keluarga yang mendampingi tidak saja bisa mengikuti kejuaraan namun juga berwisata.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan kegiatan itu dilaksanakan yang tidak saja untuk olahraga namun juga meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pariwisata.

Ia menyampaikan perkembangan klub sepatu roda di Pariaman pada 2019 baru satu klub namun pada tahun ini telah menjadi tiga klub. Dengan bertambahnya klub tersebut maka diperkirakan jumlah atlet sepatu roda di Pariaman pada Kejurnas itu sekitar 100 orang.

Terpisah Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan daerah itu menerapkan konsep wisata olahraga untuk menarik kunjungan wisatawan. Kejurnas Sepatu Roda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang banyak berkontribusi untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan belasan kegiatan olahraga dari 77 kegiatan wisata yang akan digelar sepanjang 2022 guna memperkuat wisata olahraga atau 'sport tourism' di daerah itu.

"Olahraga-olahraga ini mendukung pariwisata, seperti tenis yunior, sepatu roda, dan sepeda," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan Pariaman menerapkan konsep wisata olahraga atau "sport tourisme" sehingga antara olahraga dan wisata saling keterkaitan agar wisatawan dapat berwisata sambil berolahraga atau berolahraga sambil berwisata.