BINDA Sumbar gencar gelar vaksinasi COVID-19 massal di Pariaman

id BINDA Sumbar,vaksinasi COVID-19 pariaman,Berita Pariaman,Berita sumbar

BINDA Sumbar gencar gelar vaksinasi COVID-19 massal di Pariaman

Salah seorang warga Kota Pariaman, Sumbar menerima vaksin COVID-19 pada vaksinasi massal yang dilaksanakan BINDA Sumbar. ANTARA/HO-BINDA Sumbar

Pariaman (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat (Sumbar) gencar melaksanakan vaksinasi COVID-19 massal di Kota Pariaman guna meningkatkan capaian vaksinasi untuk melawan virus yang hingga saat ini masih menjadi pandemi.

"Vaksinasi massal ini merupakan lanjutan dari vaksinasi massal sebelumnya, vaksinasi ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait pencegahan dan penanggulangan COVID-19," kata Kepala BINDA Sumbar Hendra di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi massal dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar yang dalam pelaksanaannya tidak saja menerima vaksin dosis pertama namun juga kedua dan ketiga atau booster guna mencapai kekebalan kelompok atau 'herd immunity'.

Ia menyampaikan dalam menjalankan vaksinasi massal tersebut pihaknya bekerjasama dengan dinas terkait dan pemangku kepentingan lainnya.

“Kami sangat berterima kasih pada seluruh jajaran atas dukungannya sehingga sampai saat ini alhamdulillah kegiatan dapat terus berjalan sesuai harapan,” katanya.

Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat yang belum mendapatkan vaksin lengkap atau bahkan belum mendapatkan vaksin secara sukarela mendatangi Puskesmas atau gerai yang melaksanakan vaksinasi COVID-19.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Pariaman Rio Arisandi mengatakan pihaknya terus bekerjasama dengan BINDA Sumbar melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan membuka gerai vaksin dan door to door atau dari pintu ke pintu.

"Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya membentengi masyarakat apalagi kasus COVID-19 kembali merebak serta munculnya sub varian BA4 dan BA5 menjadikan penularannya lebih cepat di beberapa daerah di Indonesia," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya masyarakat perlu diberikan vaksinasi lengkap atau booster guna meningkatkan kekebalan kelompok terutama tempat-tempat keramaian yang menjadi salah satu lokasi penyebaran dan penularan COVID-19 lebih cepat.

Salah seorang pedagang di Pariaman Rahmat (38) mengatakan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh BINDA Sumbar dapat membantu dirinya yang selama ini kesulitan mendatangi Puskesmas dan lokasi vaksinasi karena disibukkan dengan menjaga kios di Pasar Kurai Taji.

“Saya sangat berterimakasih dengan BIN. Akhirnya vaksin saya sudah lengkap, sudah booster. Waktu kami habis di pasar untuk berdagang, sehingga apabila kami harus ke Puskesmas untuk vaksinasi otomatis kedai kami tutup," tambahnya.