BINDA Sumbar sasar pedagang pasar tradisional di Pariaman ikuti vaksinasi COVID-19

id BINDA Sumbar,vaksinasi COVID-19,Vaksinator COVID-19 di Kota Pariaman

BINDA Sumbar sasar pedagang pasar tradisional di Pariaman ikuti vaksinasi COVID-19

Vaksinator COVID-19 di Kota Pariaman, Sumbar menyuntikkan vaksin kepada salah seorang pedagang pasar di daerah itu. ANTARA/HO-BINDA Sumbar

Pariaman (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman terus melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang pada saat ini menyasar pedagang pasar tradisional yang ada di daerah itu.

"Vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan oleh BINDA Sumbar diselenggarakan di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar, dan ini serentak di seluruh Indonesia.” kata Kepala BINDA Sumbar, Hendra di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi tersebut dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam proses transisi pandemi menjadi endemi dengan menciptakan kekebalan komunal atau 'Herd Immunity'.

Namun, kata dia bagi masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi lengkap baik dosis 1, 2, dan tiga atau 'booster' diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan sehingga perlindungan tubuh dari COVID-19 dapat lebih optimal.

“Maka dari itu, bersama kita cegah penyebaran COVID-19 dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan agar tercipta lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Pariaman Rio Arisandi mengatakan vaksinasi COVID-19 merupakan upaya membentengi masyarakat dan mengatasi penularan virus COVID-19 lebih cepat.

"Masyarakat perlu diberikan vaksinasi lengkap atau 'booster' guna meningkatkan kekebalan komunal," ujarnya.

Ia mengatakan pusat keramaian di antaranya pasar dan tempat wisata merupakan lokasi yang mudah menyebarkan COVID-19 sehingga harus dilaksanakan vaksinasi di lokasi tersebut.

Salah seorang pedagang di Pasar Balai Kurai Taji Yasrizal (43) mengatakan gerai vaksinasi yang dilaksanakan BINDA Sumbar membantu pihaknya menerima vaksin tanpa meninggalkan kios dalam durasi yang lama.

Hal tersebut karena dirinya setiap hari harus menjaga kiosnya di pasar sehingga tidak memiliki kesempatan untuk pergi ke Puskesmas untuk mendapatkan vaksin.

"Alhamdulillah, saya sangat berterimakasih dengan BINDA Sumbar. Akhirnya, saya sudah vaksin lengkap hingga booster," kata dia.