Sasar wisatawan, BINDA Sumbar buka gerai vaksin COVID-19 pada puncak Tabuik di Pariaman

id BINDA Sumbar ,buka gerai vaksin COVID-19 ,puncak Tabuik di Pariaman ,pariaman,sumbar

Sasar wisatawan, BINDA Sumbar buka gerai vaksin COVID-19 pada puncak Tabuik di Pariaman

BINDA Sumbar melaksanakan vaksinasi di dekat Pentas Gandoriah, Kota Pariaman, Sumbar pada puncak Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022. (ANTARA/HO-BINDA SumbarĀ )

Pariaman, (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat (Sumbar) membuka gerai vaksinasi COVID-19 di Kota Pariaman pada pelaksanaan puncak Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022, Minggu (14/08).

"Kami sengaja membuka gerai vaksin karena wisatawan banyak datang ke Pariaman untuk menyaksikan Tabuik," kata Kepala BINDA Sumbar Hendra di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan dengan dibukanya gerai vaksin tersebut maka wisatawan yang datang melihat pesta budaya yang dilaksanakan setiap tahun itu dapat sekaligus mengikuti vaksinasi COVID-19.

Menurutnya vaksinasi COVID-19 penting dilakukan guna melawan virus itu yang saat ini bahkan telah muncul varian baru. Oleh karena itu BINDA Sumbar gencar melaksanakan vaksinasi di kabupaten dan kota di provinsi itu.

Ia menyampaikan upaya tersebut merupakan langkah pihaknya untuk menciptakan kekebalan komunal sehingga pandemi COVID-19 segera berakhir dan tidak ada lonjakan kasus dari virus itu.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 guna melawan pandemi virus itu sehingga aktivitas dan ekonomi dapat kembali meningkat.

Lokasi gerai vaksinasi COVID-19 pada pelaksanaan Tabuik tersebut yaitu di depan Pentas Gandoriah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat stan UMKM.

Sebelumnya, ratusan ribu wisatawan dari berbagai daerah menyaksikan atraksi dua Tabuik yaitu berupa menara yang terbuat dari kayu setinggi belasan meter dibuang ke laut pada Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022 yang dilaksanakan di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Setelah dua tahun Tabuik tidak dapat dilaksanakan karena COVID-19, namun karena desakan dari masyarakat agar Tabuik kembali dilaksanakan maka tahun ini Pariaman melaksanakannya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar pada pelaksanaan Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022 di Pariaman.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan budaya tersebut telah dilaksanakan semenjak dua minggu yang lalu atau pada 30 Juli 2022 sehingga secara tidak langsung berdampak ekonomi untuk warga setempat.

Ia menyampaikan Tabuik Piaman merupakan atraksi budaya yang terus dilestarikan di Pariaman dan dapat menjadi momentum peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Tabuik merupakan momentum untuk mengembangkan pariwisata dan jembatan menyatukan warga Pariaman," katanya. (*)