Delapan usaha dengan modal Rp10 juta yang berpotensi untung

id berita padang, berita sumbar

Delapan usaha dengan modal Rp10 juta yang berpotensi untung

Ilustrasi Modal Usaha. (Antara)

Padang (ANTARA) - Pergeseran gaya hidup masyarakat dalam berbelanja seperti saat ini telah berubah. Dari yang suka mengunjungi Mall atau supermarket, kini masyarakat lebih suka untuk berbelanja online karena kemudahan dan efisien.

Sehingga tak jarang banyak anak muda yang mulai untuk membuka usaha atau menjadi pelaku bisnis. Ketika kamu ingin belajar berbisnis maka banyak model usaha yang dapat dilakukan dengan modal kecil.

Membuka bisnis dengan modal Rp 10 juta memang masuk dalam kategori kecil, meski demikian jika dilakukan dengan serius akan menghasilkan pendapatan yang lumayan besar. Namun kamu juga akan menjumpai hambatan yang mengurungkan niat calon pebisnis adalah modal.

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara agar kamu mendapatkan modal. Salah satu caranya dengan mengajukan pinjaman kepada keluarga, menjalin kerja sama dengan sistem bagi hasil, dan cara terakhir adalah dengan mengajukan pinjaman kepada pihak bank atau lembaga pembiayaan.

Ketika kamu mengajukan pinjaman kepada pihak bank, maka kamu akan melalui proses yang panjang dan banyak formalitas. Maka salah satu solusi menyelesaikan masalah modal kamu bisa mengajukan pinjaman melalui BFI Finance.

BFI Finance sebagai lembaga pembiayaan besar dan dikenal di Indonesia maka kamu dapat mengajukan pinjaman BPKB mobil atau kamu bisa mengajukan pinjaman BPKB motor sebagai jaminan.

Dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat, kamu bisa mengajukan pinjaman yang disesuaikan dengan nilai agunan. Selain itu, BFI Finance juga menerapkan suku bunga yang kompetitif dengan jangka waktu pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Ketika masalah modal Rp 10 juta sudah kamu dapatkan, maka ada beberapa rekomendasi usaha dengan modal Rp 10 juta yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

1. Cucian kiloan

Cucian kiloan banyak dicari oleh mereka yang memiliki banyak pekerjaan. Untuk mencuci pakaian sehari-hari, laundry kiloan adalah pilihan yang tepat dan terjangkau bagi mereka. Ini mengartikan, adanya peluang untuk memulai bisnis laundry kiloan.

Kamu hanya perlu membeli mesin cuci berukuran besar, setrika, papan setrika, serta sabun cuci pakaian. Jangan lupa, tambahkan pengharum agar pakaian menjadi wangi.

2. Reseller

Reseller adalah pilihan yang terbaik untuk kamu yang ingin memulai bisnis tetapi tidak tahu harus menjual apa. Kamu hanya perlu modal untuk membeli barang dengan cara grosiran yang tentunya memiliki harga yang lebih murah, kemudian kamu menjual kembali dengan mengambil selisih harga sebagai keuntungan.

Pengusaha reseller biasanya memulai usahanya dari mulut ke mulut, misalnya dari kerabat, teman dan orang terdekatnya. Setelah investasi kamu kembali, maka kamu dapat memperluas jangkauan dan menambahkan produk.

3.Franchise atau Waralaba

Kelebihan dari memulai bisnis franchise atau waralaba adalah kamu tidak perlu lagi melakukan proses marketing. Sebab, produk yang dijual dari waralaba sudah dikenal banyak orang. Bisnis waralaba yang sedang naik belakangan ini adalah waralaba kopi dan minuman.

Dengan membayar biaya kemitraan, kamu akan mendapatkan bahan bakunya atau beberapa paket menawarkan peralatan dan perangkat promosi. Bisnis ini bisa dibilang sangat mudah dan efektif, tapi kamu harus teliti dalam menganalisa pasar.

4. Makanan sehat

Saat ini, orang lebih sadar akan perlunya pola makan yang sehat. Dari pada membeli makanan atau jajanan yang tidak terjamin kebersihannya, masyarakat lebih memilih makan sehat, meski harus merogoh kocek lebih dalam.

Bisnis makanan kesehatan juga tidak membutuhkan banyak modal. Meski bahannya harus organik, tidak perlu menyewa tempat karena kamu bisa melakukannya dirumah. Kamu tinggal mencari perusahaan franchise dengan harga Rp10 juta atau di bawahnya.

5. Cuci Motor

Jasa cuci motor adalah rekomendasi selanjutnya. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak asal halaman rumah kamu bisa dijadikan lokasi cuci motornya. Tidak hanya itu, kamu juga membutuhkan peralatan seperti alat steam dan kompresor yang bisa dibeli murah lewat marketplace.

Yang kamu butuhkan hanyalah gayung, ember, lap, dan sampo mobil, dan biaya untuk mempromosikan usaha kamu agar dikenal banyak orang.

7. Jasa fotografi produk

Semakin banyak orang memulai bisnis makanan atau produk, semakin tinggi kebutuhan untuk mendapatkan foto produk yang tepat. Dengan modal kamera DSLR dan kemampuan fotografi yang baik, kamu bisa memulai bisnis jasa fotografi.

Kamu juga tidak memerlukan lokasi karena pelanggan biasanya meminta kamu untuk datang ke tempat mereka. Namun jika ingin membuat studio sendiri di rumah, kamu hanya perlu modal untuk membeli background, lighting dan perlengkapan pendukung lainnya yang tidak mencapai Rp 10 juta.

8. Pulsa dan aksesoris telepon

Bisnis jual pulsa hanya membutuhkan smartphone dan modal untuk menambah saldo. Siapa yang tidak memiliki smartphone saat ini? Jadi kamu hanya perlu modal untuk menambah saldo. Cukup untuk menyewa tempat, isi saldo, dan menjual aksesoris smartphone.

Jika memiliki tempat dan toko sendiri, maka biaya sewa tempat dapat kamu alihkan untuk membeli perangkat pendukung dari smartphone.

Nah, agar tidak salah langkah saat ingin memulai bisnis, simak tips berikut ini:

1.Sesuaikan dengan hobi

Hobi atau gairah adalah sesuatu yang kamu sukai dan minati. Jika kamu melakukan sesuatu, termasuk bisnis, berdasarkan hobi atau hasrat, maka kamu menjalaninya dengan sepenuh hati. Bagi pecinta fashion, cobalah toko baju online, atau bagi pecinta mobil bisa memulai bisnis aksesoris motor atau membuka bengkel.

2.Analisis Pasar

Analisis pasar sangat penting bagi siapa saja yang ingin membangun bisnis. Kamu perlu mengetahui bagaimana pasar membutuhkan produk atau jasa yang ingin kamu jual. Selain itu, perlu mengelompokkan orang-orang yang menurut menjadi target sebagai konsumen.

Jika sudah paham dengan kondisi pasar, kamu akan lebih matang dalam memulai bisnis dan mampu bertahan dalam persaingan.

3.Terus Berinovasi

Cara lainnya agar bisa bertahan dalam persaingan adalah terus berinovasi. Kamu harus bisa mencari celah atau peluang bisnis yang ada melalui inovasi. Misalnya, belakangan ini bisnis warung kopi menjadi pilihan usaha anak muda.

Nah, jika kamu juga ingin membuat bisnis warung kopi, cari inovasi baru seperti menciptakan menu unik atau menawarkan rental PS agar bisnis kamu berbeda dari warung kopi lainnya.

4.Promosi

Promosi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari memulai suatu usaha. Untuk memperkenalkan produk perusahaan kamu, sehingga kamu perlu melakukan promosi, baik secara offline maupun online.

Namun karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, sepertinya promosi online yang ditargetkan sudah cukup untuk memperkenalkan bisnis kepada masyarakat, apalagi jika target konsumennya adalah anak muda. Misalnya melalui konten TikTok, Reel Instagram atau media sosial lainnya.

Dengan mengikuti 4 hal di atas, kamu siap untuk memulai bisnis. Tidak perlu menyiapkan modal besar, hanya dengan Rp10 juta kamu sudah bisa membuka bisnis yang akan menghasilkan berkali-kali lipat. Selamat mencoba!