Polres Solok Kota serahkan zakat maal personil ke para mustahik

id Polres Solok Kota, serahkan, zakat maal personil, ke para mustahik

Polres Solok Kota serahkan zakat maal personil ke para mustahik

Polres Solok Kota serahkan zakat maal personil ke para mustahik (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Polres Solok Kota menyerahkan zakat maal personil kepada para mustahik yang membutuhkan di wilayah hukum polres setempat dalam rangka untuk membantu meringankan beban mereka.

Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan di Solok, Jumat mengatakan kegiatan penyerahan zakat maal tersebut telah rutin dilakukan sejak 3,5 tahun yang lalu.

"Seluruh jajaran Polres Solok Kota dan Polsek rutin menyalurkan zakat mal melalui Baznas Kota Solok," ujar dia.

Ia menyebutkan saat ini zakat tersebut telah terkumpul sekitar Rp2,67 miliar yang telah disalurkan dan penerimanya sudah mencapai ribuan orang.

"Para penerima zakat tersebut terdiri atas masyarakat kurang mampu, kaum duafa yang tinggal di wilayah hukum Polres Solok Kota," ucap dia.

Selain menyerahkan zakat maal, Polres Solok Kota juga mengundang ustaz untuk mengisi tausiah di masjid lingkungan polres Solok supaya para mustahik yang hadir juga mendapatkan siraman rohani.

"Insyaallah untuk agenda ini ke depan akan menjadi agenda rutin," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan untuk penyerahan zakat maal saat ini akan diterima oleh 256 orang mustahik atau senilai Rp128 juta, yakni masing-masing mustahik menerima uang senilai Rp500 ribu.

"Namun saat ini yang hadir hanya 120 orang, karena keterbatasan ruangan masjid dan sisanya akan diserahkan melalui Babimkantibmas di setiap kelurahan," katanya.

Selain itu, menurut dia penyerahan bantuan zakat mal berupa uang supaya uang tersebut bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Kalau bantuan berupa uang, bisa mereka manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena kita tidak tahu yang mereka butuhkan saat itu apa," ujar dia.

Ia berharap bantuan yang diberikan berupa zakat maal tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

"Saya juga berharap semoga mitra dengan Baznas Kota Solok selalu berjalan dengan baik dalam mengumpulkan zakat dan membantu menyalurkan ke masyarakat yang kurang mampu," ucap dia.