Pentingnya Edukasi Untuk Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Jiwa

id berita padang, berita sumbar

Pentingnya Edukasi Untuk Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Jiwa

edukasi pentingnya  kesehatan jiwa bagi remaja. (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Remaja membutuhkan kesehatan mental yang baik untuk berkembang dengan cara yang sehat, membangun hubungan sosial yang kuat, beradaptasi dengan perubahan, dan menghadapi tantangan hidup. Masalah mental yang sering terjadi pada remaja diantaranya stress, kecemasan dan depresi. Perawatan kesehatan mental untuk remaja adalah hal yang sangat penting, namun sering diabaikan oleh masyarakat.

Untuk itu Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan Universitas Andalas bekerja sama dengan Kelurahan Ampang menggelar edukasi pentingnya kesehatan jiwa bagi remaja.

Kegiatan edukasi ini dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas terdiri atas Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, Ns Dr. Ns. Rika Sarfika, S.Kep., M.Kep , Windy Freska, S.Kep., Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, S.Kep., M.Kep, Ns. Mahatir, S.Kep., M.Kep,.Sp.Kep.Kom dan Fitra Yeni, S.Kp., MA.

Nara sumber dalam kegiatan ini yaitu Ns. Bunga Permata Wenny, S.Kep., M.Kep, yang memberikan materi dan penjelasan masalah Kesehatan jiwa dan cara mengatasinya pada remaja di kelurahan Ampang. Tim juga melibatkan 9 orang mahasiswa Fakultas Keperawatan dalam kegiatan ini.

Dalam pelaksanaan edukasi diberikan informasi terkait kecemasan, stress dan depresi serta cara mengatasinya. Kecemasan adalah kondisi psikologis seseorang yang penuh dengan rasa takut dan khawatir, dengan kondisi perasaan takut dan khawatir akan sesuatu hal yang belum pasti akan terjadi. Efek kecemasan positif, bila memberikan motivasi agar lebih giat dan bersemangat dan negatif, bila mengganggu aktivitas sehari-hari, Adapun cara mengatasi kecemasan yang diajarkan diantaranya Teknik Napas Dalam, Teknik Distraksi, Teknik Hipnosis 5 Jari, Teknik Spiritual.

Sementara stress adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Stress adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita. Depresi merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan rasa sedih yang berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap kegiatan-kegiatan yang biasanya kita lakukan dengan senang hati. Tanda berikutnya adalah berhenti menjalankan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari setidaknya dua minggu. Penyebab depresi yang terjadi biasanya pada remaja dikarenakan masalah persaingan dengan saudara, Masalah hubungan dengan orang tua, masalah pelajaran, masalah dengan teman dan lainnya.

Adapun tips mengatasi stres dan depresi dengan meminta bantuan, kita tidak harus menghadapi segala sesuatu sendiri. Berbicara dengan orang yang kita percaya dan mencari pendengar yang baik. Kita dapat mendiskusikan apa masalah yang membuat kita stres atau mendapat manfaat dari percakapan yang baik, Bernafas dengan pelan dan panjang. Tindakan sederhana ini dapat menurunkan tingkat stres pada remaja, Makanan menu sehat dan gizi seimbang juga penting karena tubuh membutuhkan gizi (energi) yang baik untuk mengatasi stres.

Tidur yang cukup ini membantu untuk beristirahat dengan baik dan membuat tubuh dan pikiran segar kembali saat bangun. Luangkan waktu untuk istirahat saat mengerjakan pekerjaan atau pelajaran sulit. Lakukan sesuatu yang dapat dinikmati, misalnya berjalan-jalan di luar, mendengarkan musik, berlatih yoga, dan bermain dengan hewan peliharaan.