Pemkot Payakumbuh bidik kerjasama pengelolaan sampah dengan DEPA

id Danish Environmental Protection Agency (DEPA),Pemkot payakumbuh,Berita payakumbuh

Pemkot Payakumbuh bidik kerjasama pengelolaan sampah dengan DEPA

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh Elzadaswarman. Antara/Ho-Pemkot Payakumbuh

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat membidik kerjasama pengelolaan sampah dengan organisasi Sumber Daya Alam (SDA) terbarukan dari Denmark, yakni Danish Environmental Protection Agency (DEPA).

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh Elzadaswarman di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa saat ini Wali Kota Payakumbuh Riza Felepi sedang mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi Delegasi Indonesia ke Denmark bersama Direktorat Penanganan Sampah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK melalui Organic Waste Project.

"Acara ini diadakan oleh Danish Environmental Protection Agency (DEPA), dan akan berlangsung dari tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2022," ujarnya.

Tidak hanya Kota Payakumbuh, kegiatan tersebut juga diikuti oleh kepala daerah lain dari Provinsi Sumatera Barat yakni Kota Bukittinggi, Kota Jambi, Kota Banda Aceh, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengatakan selama mengikuti rangkaian kegiatan tersebut kepala daerah yang hadir akan diajak tour keliling Kota Denmark dan sekitarnya melihat teknologi pengolahan sampah terutama teknologi pengolahan sampah organik.

"Pada kesempatan lain, masing-masing kepala daerah dipersilahkan untuk mempresentasikan proposal kerjasama dengan DEPA dalam rangka pengolahan sampah organik," kata dia.

Menurutnya proposal kepala daerah yang diterima memungkinkan untuk berlanjutnya kerja sama dengan DEPA dalam Waste Organic Project sehingga pengelolaan sampah organik di daerah tersebut akan didanai oleh DEPA, sehingga hal ini kesempatan baik untuk Pemko Payakumbuh.

"Proposal kerja sama Kota Payakumbuh akan dipresentasikan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi selaku Wali Kota Payakumbuh," ungkapnya.

Sebelumnya, bahan paparan tersebut sudah diasistensikan dengan Direktorat Penanganan Sampah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK di Hotel Best Westtern Cawang pada 22 Juni 2022.

"Dalam mengikuti High Level Trip to Denmark seminggu ini, Wali Kota Payakumbuh tidak hanya sendiri, namun juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, yaitu Rida Ananda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Devitra," ujarnya.