Sepuluh objek wisata di Solok Selatan siap sambut pengunjung

id solok selatan,saribu rumah gadang,hot water boom,libur lebaran

Sepuluh objek wisata di Solok Selatan siap sambut pengunjung

Objek wisata Saribu Rumah Gadang, Kabupaten Solok Selatan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Padang Aro (ANTARA) - Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyiapkan sepuluh destinasi wisata yang siap dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan libur lebaran tahun ini.

"Sudah kami tinjau kemarin. Sepuluh objek wisata sudah siap menjamu wisatawan, baik yang dikelola pemerintah atau mandiri," kata Kepala Dinas Pariwisata Solok Selatan, Mardiana saat dihubungi di Padang Aro, Jumat.

Kesepuluh objek wisata itu diantaranya, irigasi Balun, kampung adat Saribu Rumah Gadang, Menara Songket, Puncak Pinang Awan, Camintoran, Hot Water Boom Sapan Maluluang, dan Gua Batu Kapal.

Untuk menyambut para wisatawan, katanya sejumlah objek wisata, terutama yang dikelola pemerintah, telah dibenahi agar wisatawan nyaman dan terkesan.

"Selama pandemi, kunjungan wisata menurun. Dengan diperbolehkan mudik oleh pemerintah, ini kesempatan kita untuk memperkenalkan objek wisata kepada perantau yang pulang kampung," ujarnya.

Mardiana menyebutkan pihaknya tidak melakukan pembatasan kunjungan wisatawan per harinya. Namun, ia mengingatkan agar para wisatawan menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

"Walau tak ada pembatasan jumlah kunjungan, tapi kita akan mengaturnya. Prokes wajib dilaksanakan," ujarnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan, sebutnya pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mulai dari pihak kepolisian, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Basarnas, dan Dinas Lingkungan Hidup.

"Sampah juga menjadi perhatian kami karena ini mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Kami berharap pengunjung membuang sampah pada tempatnya. " ujarnya.