Banyak keunggulan GTP Ulakan Padang Pariaman hingga masuk 50 besar ADWI

id manggrove Green Talao Park Ulakan,Adwi 2022,Berita padang pariaman

Banyak keunggulan GTP Ulakan Padang Pariaman hingga masuk 50 besar ADWI

Wisatawan sedah berjalan di trek manggrove Green Talao Park Ulakan, di Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. ANTARA/Iggoy el Fitra

Parik Malintang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menyebutkan banyaknya keunggulan Green Talao Park (GTP) Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis sehingga masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Kami memberikan apresiasi GTP yang telah mencapai tahapan ini dari ribuan desa menjadi peserta GTP masuk ke dalam 50 besar," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadly di Parik Malintang, Jumat.

Untuk mencapai tahapan tersebut, lanjutnya tentu tidak terlepas dari keunggulan yang dimiliki oleh GTP Ulakan yang tidak saja terkait dengan hutan bakaunya namun juga pengelolaan dan pemanfaatan potensinya oleh kelompok sadar wisata (Poldarwis).

Menurutnya kelebihan dari GTP Ulakan tersebut yaitu adanya trek manggrove sebagai sarana edukasi serta adanya kepiting bakau yang menunjukkan ekosistimnya masih terjaga, penginapan, hingga menyediakan cendramata.

"Pokdarwis juga telah menyediakan paket wisata yang sudah dikelola dengan baik. Mereka sudah menunjukkan desa wisatanya menuju mandiri sehingga masuk 50 besar ADWI," katanya.

Ia menyampaikan semua yang dicapai oleh GTP Ulakan tersebut tentu didasari oleh persiapan yang matang dengan dokumentasi lengkap yang dikumpulkan setidaknya semenjak objek wisata itu berdiri dan dibuka untuk umum.

"Yang jelas GTP Ulakan memiliki kelebihan dari yang lain sehingga masuk ke 50 besar," tambahnya.

Sebelumnya tiga desa wisata di Sumatera Barat berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, menjadi yang terbanyak di Sumatera bersama Sumatera Utara.

"Dalam 100 besar nasional ada lima desa wisata Sumbar yang bersaing. Setelah diseleksi kembali untuk 50 besar, tiga desa wisata dinyatakan lulus," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda di Padang.

Tiga desa wisata itu masing-masing Desa Wisata GTP Ulakan Padang Pariaman, Desa Wisata Silokek Sijunjung dan Desa Wisata Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

Luhur menyebut masuknya tiga desa wisata Sumbar dalam 50 besar ADWI 2022 menjadi bukti keseriusan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk memaksimalkan potensi yang ada di tingkat desa atau nagari.