Pemkot Pariaman upayakan peroleh bantuan vegetasi pantai dari KKP

id berita padang,berita sumbar,pohon

Pemkot Pariaman upayakan peroleh bantuan vegetasi pantai dari KKP

Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar sedang menyiram pohon pinago yang ditanam di Pantai Pariaman, (Antarasumbar/Aadiaat M.S)

Insya Allah minggu depan KKP melakukan verifikasi yang kedua kalinya ke Pariaman,
Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat sedang mengupayakan memperoleh bantuan vegetasi pantai dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia sebagai upaya penunjang pariwisata dan mitigasi bencana tsunami di daerah itu.

"Insya Allah minggu depan KKP melakukan verifikasi yang kedua kalinya ke Pariaman, sebelumnya KKP sudah survei awal ke sini dan mengukur lokasi rencana penanaman," kata Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citrha Aditur Bahri di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang melengkapi persyaratan yang dibutuhkan hingga Jumat (25/3) sehingga minggu depan dapat dilaksanakan verifikasi kedua serta dilakukan sosialisasi.

Ia menyampaikan lokasi vegetasi atau penghijauan tersebut yaitu di Desa Mangguang dan Padang Biriak-Biriak karena dinilai pantainya masih jarang ditanam pohon.

Kegiatan tersebut, lanjutnya sebagai upaya penunjang pariwisata Kota Pariaman serta mitigasi tsunami karena daerah itu rawan terhadap bencana tersebut.

"Karena ada isu-isu tsunami sehingga perlu dilakukan antisipasi, tapi mudah-mudahan bencana itu tidak jadi," katanya.

Ia menyebutkan rencananya ada tiga jenis pohon yang akan ditanam di lokasi vegetasi dengan luas sekitar lima hektare tersebut yaitu cemara laut, ketapang kencana, dan pinago.

Ia mengatakan pengerjaan vegetasi tersebut melibatkan masyarakat dengan sistem swakelola tipe IV sehingga diharapkan masyarakat setempat ikut merawat pohon yang ditanam.

Ia berharap dengan penanaman melibatkan masyarakat maka dapat menimbulkan rasa memiliki dan melindungi sehingga pohon yang ditanam dapat tumbuh serta melindungi warga setempat ketika tsunami terjadi.

Terpisah Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan pihaknya menyadari daerah itu berpotensi besar diterjang gempa dan tsunami sehingga vegetasi menjadi pilihan sebagai mitigasi.

Oleh karena itu pihaknya dalam beberapa tahun terakhir rutin melaksanakan penanaman pohon di pantai bersama sejumlah pihak sebagai upaya mengurangi dampak tsunami serta penunjang pariwisata karena kawasan pantai menjadi sejuk dan indah.