Tim pengabdian masyarakat UNP latih guru SMKN1 Baso tentang multimedia interaktif

id UNP, pelatihan guru, smkn1 baso, agam

Tim pengabdian masyarakat UNP latih guru SMKN1 Baso tentang multimedia interaktif

Kepala SMKN 1 Agam dan para guru foto bersama narasumber pada pelatihan multimedia yang laksanakan tim pengabdian masyarakat UNP. (ANTARA/Doc.Pribadi)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 47 guru SMKN 1 Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dilatih membuat multimedia interaktif bagian upaya kegiatan pengabdian masyarakat yang dimotori dosen-dosen Jurusan Pendidikan ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP).

“Pelatihan ini bertujuan memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada guru-guru dalam bidang pengembangan multimedia interaktif yang dapat aplikasikan dalam pembelajarannya,” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dari UNP Efni Ceria, M.Pd di Baso, Senin.

Menurut Efni, kegiatan ini merupakan salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat.

Sejumlah guru tersebut dilatih aplikasi sparkol video scriber yang merupakan aplikasi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Kepala SMKN I Baso, Drs. Yefvri Fuadi, menyambut baik kegiatan tersebut, bahkan agar berlangsung optimal pembelajaran dilaksanakan secara daring agar guru-guru dapat melaksanakan kegiatan secara intensif.

“Kami menargetkan ada produk yang dapat diselesaikan guru berupa media pembelajaran dan dapat digunakannya dalam pembelajaran,” kata Yefvri.

Teks foto: Kepala SMKN 1 Agam foto bersama narasumber pada pelatihan multimedia yang laksanakan tim pengabdian masyarakat UNP. (ANTARA/Doc.pribadi)
Pelatihan pengembangan multimedia interaktif dilaksanakan pada periode September-Oktober 2021. Dijadwalkan kegiatan berlangsung dengan dua metode yakni secara ofline tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat dan luring melalui zoom.

Kegiatan pelatihan secara luring dilakukan dengan pemberian materi secara langsung oleh Narasumber dari Prodi Teknologi Pendidikan UNP Dr. Abna Hidayati, M.Pd dan Andra Saputra, M.Pd. Selanjutnya direncanakan kegiatan presentasi materi yang dibuat oleh peserta melalui zoom meeting.

SMKN I Baso saat ini merupakan sekolah menengah kejurusan yang memiliki perkembangan yang pesat dengan bidang keahlian diantaranya Akuntansi dan Perbankan, Otomatisasi Tatakelola perkantoran, Teknik komputer dan Jaringan dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Teks foto: Kepala SMKN 1 Agam foto bersama narasumber pada pelatihan multimedia yang laksanakan tim pengabdian masyarakat UNP. (ANTARA/Doc.pribadi)