Korban kebakaran di Sungai Garinggiang, terima bantuan dari Kemensos RI

id berita padang pariaman,berita sumbar,bakar

Korban kebakaran di Sungai Garinggiang, terima bantuan dari Kemensos RI

Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis (kiri) menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Pasar Sungai Garinggiang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Kami diminta Menteri Sosial untuk mendampingi Anggota Komisi VIII DPR RI  John Kenedy Azis untuk meninjau korban kebakaran dan menyerahkan bantuan,
Parit Malintang (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan bantuan berupa kasur, matras, alat dapur, dan perlengkapan lainnya kepada tiga korban kebakaran di Pasar Sungai Garinggiang yang terjadi pada Kamis (7/10).

"Kami diminta Menteri Sosial untuk mendampingi Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis untuk meninjau korban kebakaran dan menyerahkan bantuan," kata Kasubdit Pemulihan dan Reintegrasi Sosial Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos RI, Charles Purnama saat menyalurkan bantuan di Sungai Garinggiang, Kamis.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan tersebut merupakan perlengkapan yang dibutuhkan korban dan diharapkan nantinya masyarakat serta komunitas setempat ikut berpartisipasi membantu korban untuk membangun rumahnya.

Dirinya, lanjutnya akan menyampaikan permintaan dari masyarakat dan Anggota DPR RI untuk membantu pembangunan rumah korban salah satunya melalui bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

"Akan kami koordinasikan (dengan bidang terkait), namun sebenarnya hal tersebut sudah diusulkan dan itu melalui aspirasi John Kenedy Azis," katanya.

Ia berharap dengan kedatangan anggota DPR RI dan meninggalkan bantuan pembangunan bangunan kembali maka dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membantu sesama.

"Kehadiran kami bersama pak John ini juga merupakan hadirnya pemerintah dalam membantu masyarakat yang mengalami musibah," ujarnya.

Sementara John Kenedy Azis mengatakan dirinya merasa prihatin dengan peristiwa yang dialami oleh korban kebakaran yang terjadi pada Kamis lalu.

"Kehadiran Kemensos ke lokasi kebakaran merupakan bentuk hadirnya pemerintah untuk korban," kata dia.

Ia mengatakan dirinya sudah mengusulkan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharani agar ketiga korban mendapatkan bantuan program Rutilahu bencana sehingga dapat membantu untuk membangun bangunan kembali.

Pada saat tersebut ia menampung aspirasi warga setempat yang meminta pengadaan pos dan mobil pemadam kebakaran di Sungai Garinggiang karena seringnya terjadi kebakaran.

Oleh karena itu, ia mendorong pemerintah setempat untuk mendirikan pos dan mobil pemadam kebakaran di Sungai Garinggiang.

Namun, ia meminta peristiwa kebakaran di daerah itu harus menjadi pelajaran bagi masyarakat agar tidak terulang kembali

Camat Sungai Garinggiang, Kecil Ardinata berharap adanya pos dan mobil pemadam kebakaran di daerah itu karena saat ini sarana dan prasarana itu lokasinya jauh.

"Kalau bangunan sudah kami sediakan," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021