Tanah Datar terima penghargaan kabupaten layak anak dan kesetaraan gender

id penghargaan kabupaten layak anak ,tanah datar,sumbar

Tanah Datar terima penghargaan kabupaten layak anak dan kesetaraan gender

Tanah Datar terima penghargaan kabupaten layak anak dan kesetaraan gender. (Antara/Prokopim Setda Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat nasional dan juga mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Penghargaan tersebut diumumkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam acara Penghargaan Kabupaten dan Kota Layak Anak Tahun 2021 secara daring Kamis, (29/7) di Jakarta, Kamis.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Tanah Datar Yuhardi di Batusangkar Jum'at, mengatakan penghargaan itu didapatkan karena Tanah Datar dinilai memiliki komitmen tinggi memenuhi hak dan perlindungan anak.

"Alhamdulillah kita kembali mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak, karena dinilai memiliki komitmen tinggi memenuhi hak dan perlindungan anak," katanya.

Kabupaten Layak Anak merupakan sistem berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program, kegiatan yang ditujukan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak

Ia mengatakan saat ini tropy dan piagam penghargaan sudah di jemput dan sudah diserahkan ke Bupati Tanah Datar untuk dokumentasi yang akan dikirimkan ke kementerian PPPA RI.

"Tropy dan piagam sudah di jemput dan saat ini diserahkan kepada Bupati untuk dokumentasi yang akan dikirimkan ke kementerian PPPA RI," katanya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan terima kasih atas penghargaan kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta jajaran, dan stakeholder terkait atas upaya dalam mewujudkan Tanah Datar menuju Kabupaten Layak Anak.

"Tahun ini kita mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Madya untuk ke tiga kalinya, tentunya ke depan dengan persiapan yang lebih panjang dan program perlindungan pemenuhan hak anak yang lebih intens akan menghasilkan peningkatan capaian Ini," katanya.

Ia mengaharapkan kepada lintas perangkat daerah, stakeholder dan masyarakat agar tidak menjadikan prestasi ini sebagai tujuan akhir, tetapi sebuah motivasi untuk lebih baik lagi.

Sedangkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama Tahun 2020 yang diraih merupakan bukti komitmen PPemerinta Tanah Datar dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak. (*)