SMKN 1 Sutera gandeng UNP tingkatkan SDM dan kompetensi guru

id UNP, smkn sutera, painan, workshop

SMKN 1 Sutera gandeng UNP tingkatkan SDM dan kompetensi guru

Foto bersama usai workshop mikrokontroller di SMKN 1 Sutera. (ANTARA/doc.Citra)

Padang (ANTARA) -

Keinginan yang besar dari pihak sekolah SMKN 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dalam mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kompetensi guru untuk menyikapi kemajuan teknologi terutama mengenai aplikasi mikrokontroller dibuktikannya dengan menggandeng Universitas Negeri Padang (UNP) untuk melakukan workshop dan pelatihan.

Workshop dan pelatihan yang diadakan adalah mengenai aplikasi dari mikrokontroller, dimana aplikasi ini merupakan sebuah prosesor yang banyak diaplikasikan di industri untuk pengontrolan baik pada bidang kelistrikan, monitoring maupun untuk pabrikasi.

Pada era revolusi industri 4.0 ini mikrokontroller tidak hanya di pakai di industri, namun sudah banyak diterapkan untuk pengontrolan dan pengendalian beban listrik pada rumah tangga maupun home industri, kata Ketua Pelaksana Kegiatan Citra Dewi di Padang, Senin.

Menurut Citra, setiap guru sudah harus memperbaharui kemampuan dan keterampilannya serta mampu untuk berfikir kreatif dan memiliki jiwa inovasi yang tinggi, secara tidak langsung akan menular kepada anak didiknya.

Citra Dewi yang juga dosen dari Jurusan Teknik Elektro UNP itu menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan telah dilakukan selama tiga hari, yakni 16-19 September 2021.

Kegiatan workshop mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir, buktinya dibuka langaung oleh Kacabdin Wilayah VII Pesisir Selatan, Mahyan, S.Pd., MM.

Mahyan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pelaksana kegiatan yang telah bersedia membagi ilmunya dengan guru-guru dari SMK N 1 Sutera. Begitu juga dengan Lili Suryati selaku kepala sekolah SMK N 1 Sutera mengatakan kepada guru-gurunya “terimalah ilmu yang diberikan seperti cangkir kosong yang selalu butuh untuk diisi”.

Apresiasi dan rasa terima kasih yang tinggi kita ucapkan kepada Bapak/Ibu Dosen dari UNP yang telah bersedia untuk berbagi ilmu dengan kami, ujarnya.

Kegiatan workshop dan pelatihan diikuti oleh guru-guru produktif dari Jurusan TITL SMKN 1 Sutera.

Kegiatan workshop dan pelatihan tersebut diketuai oleh Ibu Citra Dewi, S.Pd., M.Eng dengan anggota tim Dr. Ahyanuardi, M.Pd dan Ibu Erita Astrid, S.T., M.S.

Kegiatan workshop dan pelatihan mengenai aplikasi mikrokontroller ini merupakan ajang dalam menambah pengetahuan dan bertukar pikiran serta untuk memotivasi semangat guru agar lebih kreatif dan meningkatkan jiwa inovasi, ungkap Asnil, S.Pd., M.Eng yang dalam kegiatan tersebut sebagai pemateri.

Selain dari itu juga untuk menambah semangat jiwa entrepreneur karena kegiatan workshop dan pelatihan juga menghasilkan produk yang punya nilai jual.

Harapannya sekolah bisa mengembangkan sebuah unit produksi dan menghasilkan produk barang siap jual dengan menggunakan mikrokontroller, seperti trainer untuk pembelajaran dan produk-produk kreatif lainnya.

Sedang berlangsung workshop aplikasi mikrokontroller di SMKN 1 Sutera. (ANTARA/doc.Citra)