Ini dilakukan UPTD Metrologi agar pedagang mendapatkan rezeki yang halal dan berkah

id berita solok,berita sumbar,timbang

Ini dilakukan UPTD Metrologi agar pedagang mendapatkan rezeki yang halal dan berkah

UPTD Metrologi lakukan tera ulang timbangan di Pasar Raya Kota Solok, Sumatera Barat. (Antarasumbar/HO-Diskominfo Solok)

Dengan pengukuran yang sesuai, maka sebagai jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen,
Solok (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok melalui UPTD Metrologi melakukan tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) yang dimiliki pedagang di Pasar Raya Kota Solok, Sumbar.

Kepala UPTD Metrologi Kota Solok, Roni Syah Putra di Solok, Rabu, mengatakan kegiatan tera ulang timbangan itu dilaksanakan untuk memberikan jaminan kebenaran pengukuran pada konsumen sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang metrologi legal.

Kegiatan tersebut diikuti para pedagang dengan tujuan agar para pedagang yang menggunakan UTTP memiliki pengetahuan dan kesadaran pentingnya menggunakan UTTP secara baik dan benar.

Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pedagang dalam melakukan tera/tera ulang timbangan yang digunakan untuk kegiatan jual beli melalui kegiatan tera dan tera ulang secara rutin.

“Dengan pengukuran yang sesuai, maka sebagai jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen, juga merupakan kebutuhan bagi pedagang untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah serta pembeli bisa loyal berlangganan karena merasa puas dengan transaksi jual beli,” ujar Roni.

Di samping itu, Kepala Tata Usaha UPTD Metrologi Wardi Fitra mengatakan kalau ada pedagang yang ingin mereparasi alat ukur, takar dan timbang, agar menghubungi UPTD Metrologi Kota Solok.

“Kami siap menjemput timbangan ke rumah sebab kadang ada juga pedagang yang ingin mereparasi atau memperbaiki timbangan tapi tidak ada kesempatan untuk datang ke UPTD,” ujar Wardi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok, Bujang Putra mengucapkan terima kasih kepada UPTD Metrologi yang telah menyelenggarakan kegiatan tera ulang terhadap alat UTTP.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas respon dan support masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini, DPKUKM akan terus berusaha melakukan evaluasi agar bisa memberikan hasil terbaik dalam melayani masyarakat," kata dia.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Kota Solok, Hendri mengucapkan terima kasih atas dilaksanakan kegiatan tera ini.

“Saya sangat senang dengan adanya tera ulang ini, sebab pedagang tidak perlu datang langsung ke UPTD Metrologi untuk memperbaiki timbangan,” kata dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021