Seorang tunanetra di Limapuluh Kota dirikan enam pondok Tahfidz Al Quran

id berita limapuluhkota, berita sumbar

Seorang tunanetra di Limapuluh Kota dirikan enam pondok Tahfidz Al Quran

Remaja penyandang disabilitas netra, Akhlaqul Imam saat mengajar peserta di Pondok Tahfidznya. (Antara/Akmal Saputra)

Sarilamak (ANTARA) - Seorang remaja penyandang disabilitas netra asal Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat Akhlaqul Imam (19) hingga saat ini sudah mendirikan enam Pondok Tahfidz yang tersebar di beberapa lokasi di daerah tersebut.

Imam di Sarilamak, Sabtu, mengatakan bahwa gangguan mata yang dialami olehnya adalah low vision atau gangguan penglihatan, tetapi masih memiliki sisa penglihatan dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan alat bantu.

"Saya sudah mulai diarahkan oleh keluarga untuk belajar Al Quran semenjak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Walaupun saat SD itu saya belum mendapati wadah yang baik untuk belajar menghafal, sehingga baru bisa belajar menghafal sendiri di rumah," ujar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada itu.

Ia mengatakan baru mulai belajar secara terstruktur untuk menghafal Al Quran di penghujung kelas VII SMP atau 2015, yakni di Pondok Tahfidz Raudhatul Quran. Pada 2018 dia telah memiliki hafalan hampir 20 juz Al Quran.

"Pada 2018 itu geliat Tahfidz di Kota Payakumbuh sudah luar biasa. Tapi kegiatan Tahfidz di tempat tinggal saya di Lareh Sago Halaban ini belum semarak. Kalaupun ada itu tidak banyak," ungkapnya.

Menurut remaja yang saat ini masih menerima beasiswa khusus dari Kementerian Kominfo itu Kecamatan Lareh Sago Halaban ini termasuk daerah yang luas, namun tempat Tahfidz belum banyak dan tidak sebanyak di Kota Payakumbuh.

"Kalau tidak salah baru ada dua atau tiga tempat Tahfidz di sini, berangkat dari sini dan karena hafalan yang sudah 20 juz saya berdiskusi dengan keluarga, ustadz dan tokoh masyarakat di sini untuk mendirikan Pondok Tahfidz Istiqamah tepatnya 12 Juli 2018," katanya.

Anak dari pasangan Yasril dan Erlis Idris ini mengungkapkan bahwa pada awal berdirinya pondok Tahfidz ini, jumlah santri atau anak yang ikut sekitar 30 sampai 40 orang dan masih berjalan hingga saat ini.

"Di 2019 baru kami kembangkan ke Pondok Tahfidz Al-Ikhlas, di 2020 Pondok Tahfidz Nurul Akbar, 2021 awal kita buka Pondok Tahfidz Al Muttaqin dan seusai Ramadhan mendirikan Pondok Tahfidz Al Mutaqaddimin," ujar remaja kelahiran Bukittinggi, 23 Desember 2001 tersebut.

Ia mengatakan kelima pondok Tahfidz tersebut berkegiatan di masjid. Selain di lima Masjid tersebut, ia juga melaksanakan aktivitasnya untuk mengajar Tahfidz di kediamannya.

"Kalau yang di rumah ini kita beri nama Raudhatul Ilmi yang konsepnya itu berbentuk privat yang muncul karena keinginan dari para peserta di Pondok Tahfidz untuk menambah waktu menghafalnya sebab pelaksanaan di Masjid hanya dua kali dalam sepekan," ujarnya.

Ia mengatakan aktivitasnya di Pondok Tahfidz masih berjalan seperti biasa meskipun juga sedang menjalani perkuliahan di UGM, sebab saat ini perkuliahan masih dilaksanakan secara daring.

"Kalaupun kuliah sudah tatap muka, InsyaAllah Pondok Tahfidz tetap dapat berjalan seperti biasa karena kami sudah menyiapkan regenerasi," katanya.

Ke depannya, Imam memimpikan untuk dapat terus mengembangkan dan menjalankan Pondok Tahfidz didirikannya itu. Selain itu ia juga ingin mendirikan pesantren.