Ini yang terjadi di ruas jalan nasional Padang-Jambi dalam wilayah Dharmasraya, Rabu siang

id berita dharmasraya,berita sumbar,jalan

Ini yang terjadi di ruas jalan nasional Padang-Jambi dalam wilayah Dharmasraya, Rabu siang

Pihak Kepolisian bersama warga membersihkan material pohon tumbang yang menutup Jalan Nasional di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (25/8). (Antarasumbar/Ilka Jansen)

Akibat pohon tumbang tersebut akses jalan dari Padang menuju Jambi maupun arah sabaliknya sempat lumpuh sekitar 30 menit dan kemacetan mencapai satu kilometer,
Pulau Punjung (ANTARA) - Pohon tumbang menutup jalan nasional tepatnya di depan Balai Benih Induk (BBI) di Jorong Padang Candi, Nagari Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) sekitar pukul 11.30 WIB, Rabu.

Akibat pohon tumbang tersebut akses jalan dari Padang menuju Jambi maupun arah sabaliknya sempat lumpuh sekitar 30 menit dan kemacetan mencapai satu kilometer.

Sejumlah warga sekitar bersama pihak kepolisian berupaya membersihkan material pohon tumbang yang menutup seluruh bahu jalan. Setelah dibersihkan arus lalu lintas kembali normal sekitar pukul 12.00 WIB.

Kapolsek Pulau Punjung, Polres Dharmasraya, Iptu Hendriza mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pihaknya juga belum dapat memastikan penyebab pohon tumbang.

"Untuk penyebabnya belum dapat kita pastikan, bisa jadi ini karena faktor usia pohon atau lainnya," katanya.

Ia menyebutkan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat jajaran Polsek Pulau Punjung dibantu personel Polres Dharmasraya langsung bergerak cepat menuju lokasi peristiwa dan langsung membersihkan tumpukan kayu.

Ia menghimbau para pengendara agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat melintas mengingat banyak pohon yang berada di sepanjang Lintas Sumatera Dharmasraya.

Menurut dia keberadaan pohon yang ada di jalan nasional Dharmasraya itu agar dibersihkan sehingga tidak membahayakan pengendara yang melintas.

"Sebagai antisipasi supaya kejadian ini tidak terulang kembali, sebaiknya pohon-pohon ini dibersihkan atau kapan perlu ditumbang saja," ujar dia mengatakan.

Peristiwa pohon tumbang sempat menarik perhatian warga sekitar untuk melihat kejadian itu secara langsung.