Bupati Sijunjung apresiasi Program 'Marandang' Bank Nagari

id Bank Nagari, Marandang, rentenir, ranah minang

Bupati Sijunjung apresiasi Program 'Marandang' Bank Nagari

Bupati Kabupaten  Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si (kiri) dan Pemimpin Bank Nagari Cabang Sijunjung,  Hendri Arief (kanan).   (ANTARA/HO)

Sijunjung (ANTARA) - Bupati Kabupaten Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, M.Si mengapresiasi program terbaru Bank Nagari, ‘Marandang’ yang kini telah hadir di Kabupaten Sijunjung.

Menurutnya hal itu menjadi kabar gembira bagi pedagang kecil di Kabupaten Sijunjung, karena terobosan Bank Nagari untuk melawan rentenir pada masa pandemi COVID-19 melalui program ‘Marandang’.

“Pada masa pandemi ini memang perlu terobosan yang dilakukan untuk bisa membantu usaha mikro kecil agar bisa bertahan terus berkembang. Kami sangat mendukung program Bank Nagari ini,” kata Bupati Sijunjung, Senin.

Program ‘Marandang’ memudahkan dan memberikan keleluasaan dan menguntungkan masyarakat ekonomi lemah yang memiliki usaha.

Ia berharap dengan adanya program Bank Nagari dan bantuan pemerintah tersebut kesejahteraan masyarakat akan bisa ditingkatkan pada masa pandemi ini.

"Karena program ini tidak perlu agunan. Cukup usaha yang layak. Lama usaha juga bisa kurang dari enam bulan. Bank Nagari hanya membebankan bunga 0,5 persen pinjaman per bulan,” ucapnya.

Marandang merupakan singkatan dari Melawan Rentenir di Ranah Minang dengan kredit pembiayaan melawan rentenir. Pinjaman paling tinggi Rp10 juta atau pinjaman super mikro.