Prodi TP FIP UNP-PGRI Sawahlunto gelar pelatihan tingkatkan kompetensi guru

id UNP, TP FIP, guru, pgri, abna

Prodi TP FIP UNP-PGRI Sawahlunto gelar pelatihan tingkatkan kompetensi guru

Dekan FIP UNP Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd dan Narasumber tahap I, Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd, Novrianti, M.Pd, dan Ketua Kurusan TP FIP Dr. Abna Hidayati, M,Pd. (ANTARA/HO-FIP UNP)

Padang (ANTARA) -

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Barangin Kota Sawahlunto menggelar pelatihan dan Webinar yang bertajuk “ Desain Kurikulum dan Pembelajaran di Era Digital” bagi guru-guru Sekolah Dasar yang tergabung di wilayah tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Yasri, MS, juga menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kasi Kurikulum Irma Yulis, S.Pd, Dekan FIP UNP Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd dan Narasumber tahap I, Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd, Novrianti, M.Pd, dan staf dosen di jurusan, Jumat.

Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP, Dr. Abna Hidayati, M.Pd pelatihan ini digelar dalam rangkaian kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengabdian masyarakat yang dikelola oleh jurusan dengan melibatkan narasumber tim dosen dengan berbagai keahlian bidang kurikulum dan pembelajaran di jurusan tersebut.

“Ini merupakan program jurusan dalam rangka dedikasi dan berkontribusi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam peningkatan kompetensi guru di era digital, kegiatan ini dalam rangka merealisasikan kerjasama dengan PGRI Cabang Barangin Kota Sawahlunto,” kata Abna.

Ketua PGRI Cabang Kota Sawahlunto, Antoni Bagadang S.Pd, menyambut baik realisasi kerjasama tersebut dan menyatakan kegiatan pelatihan intensif yang dilaksanakan tersebut melibatkan 80 guru SD yang merupakan perwakilan dari SD yang ada di Kecamatan Barangin.

Dia berharap guru yang hadir dapat menjadi pionir dan menularkan ilmunya kepada guru lain di sekolahnya. Sementara itu, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Irma Yulis, S.Pd berharap UNP terus berkontribusi untuk peningkatan kualitas guru khususnya di Kota Sawahlunto.

Harapan tersebut juga diamini oleh Wakil Rektor IV UNP Prof Yasri, M.Pd yang menyatakan sebagai Lembaga Penghasil Tenaga Kependidikan (LPTK) UNP akan terus berkontribusi dalam peningkatan kompetensi guru khususnya di era pembelajaran digital.

Sementara itu, Dekan FIP UNP, Prof. Dr Rusdinal M.Pd menyatakan apreasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Jurusan KTP FIP UNP dalam kontribusinya untuk peningkatan kompetensi guru. Menurut Dekan, guru membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan pembelajaran digital.

“ Guru perlu mendesain pembelajaran secara baik agar dapat melaksanakan pembelajaran dan mencapai output lulusan yang diharapkan,” Kata Dekan FIP.

Narasumber Pelatihan Prof Dr. Alwen Bentri dalam materinya berjudul Analisis Pengembangan Kurikulum Masa Depan dalam Perspektif Dokumen menyatakan bahwa dokumen kurikulum perlu dirancang secara cermat untuk mampu menghasilkan peserta didik yang diharapkan. Kurikulum juga harus adaptif terhadap kemajuan dan perkembangan zaman. Perubahan zaman dan era digital, salah satunya perlu disikapi oleh pendidik khususnya untuk membelajarkan generasi milenial yang sangat digital native.

Selanjutnya Narasumber Novrianti, M.Pd yang juga dosen KTP FIP UNP menegaskan perlunya merancang evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan salah satunya dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi untuk menunjang proses tersebut.

Kegiatan webinar dan pelatihan tersebut dijadwalkan akan digelar 3 tahap dengan narasumber dosen-dosen dari Jurusan KTP FIP UNP yakni Dr. Fetri Yeni, J. M.Pd, Dr. Darmansyah, ST, M.Pd, Drs. Syafril, M.Pd, Nofri Hendri, M.Pd dengan topik-topik tentang desain kurikulum dan pembelajaran digital.