Pemkab Pasaman dorong pembangunan kampus UNP di daerah itu

id Pasaman,UNP, Sumbar,Padang

Pemkab Pasaman dorong pembangunan kampus UNP di daerah itu

Bupati Pasaman Benny Utama dan Rektor UNP Prof Genefri melakukan penandatanganan naskah kerja sama sinergitas dengan UNP di Tigo Nagari. ( (Antara/HO-Kominfo Pasaman)

Lubuk Sikaping, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) untuk mengembangkan pembangunan kampus tersebut di daerah itu.

Bupati Pasaman Benny Utama di Tigo Nagari, Sabtu mengatakan perencanaan pembangunan kampus UNP di Kecamatan Tigo Nagari merupakan kawasan segi tiga emas yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan.

Menurut dia ada dua tempat lokasi di Kecamatan Tigo Nagari yang ditawarkan ke Rektor UNP namun untuk pilihan lokasi diserahkan ke pihak UNP.

Sementara untuk pembangunan infrastruktur jalan ke lokasi kampus UNP akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman serta masyarakat setempat.

Selain itu Pemkab Pasaman juga akan merealisasikan kerja sama kajian analisa jabatan di pemerintah daerah terkait analisa kajian masalah ekonomi Pasaman dan sektor lainnya.

"Pada di tahun 2022, Pemkab Pasaman kembali melanjutkan program pendidikan gratis 12 tahun bagi seluruh anak-anak di Pasaman.Program ini sempat terhenti di lima tahun terakhir, termasuk melakukan pembenahan kembali program pendidikan anak usia dini, yang lima tahun lalu juga sudah terlaksana program satu jorong satu PAUD di masa kepemimpinan Bupati Pasaman periode 2015-2020," kata dia menegaskan.

Sementara itu Rektor UNP Prof Genefri mengatakan Bupati Pasaman Benny Utama sangat peduli terhadap dunia pendidikan.

"Kami siap mendukung keinginannya dalam memajukan dunia pendidikan," kata dia.

Saat ini UNP tercatat sebagai Universitas terbesar di Pulau Sumatera, dengan jumlah mahasiswa 50.000 orang. Kampus ini memiliki tujuh kampus yang tersebar yakni Padang, Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Painan dan selanjutnya di Kabupaten Pasaman yang menjadi kampus kedelapan.

"Kampus UNP di Kabupaten Pasaman rencananya untuk prodi jurusan pendidikan, pertanian dan kepariwisataan," kata dia.

Ia mengatakan Sumatera Barat adalah daerah yang minim potensi sumber-sumber usaha ekonomi, karena potensi sumber daya manusia yang handal di daerah harus dikembangkan dan diangkat melalui jalur pendidikan.

"Keunggulan Sumatera Barat terletak pada sumber daya manusia artinya pembangunan Sumatera Barat semestinya dititik beratkan pada bidang pembangunan manusia," kata dia.c

Kabupaten Pasaman dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, walaupun di masa lima tahun sebelumnya sempat baik, berada di peringkat 10 besar Sumatera Barat .

Saat ini IPM di Kabupaten Pasaman berada di nomor dua terakhir, atau hanya satu tingkat di atas Mentawai.

"Kami merasa optimis, bahwa dibawah kepemimpinan Benny Utama, Kabupaten Pasaman akan lebih baik, dan UNP siap mendukung kenaikan IPM Pasaman di bidang pendidikan," kata dia.

Pelaksanaan penandatanganan naskah kerja sama itu dilaksanakan di Kecamatan Tigo Nagari, Sabtu (31/7) dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri, Bupati Pasaman Benny Utama dan dua orang Wakil Rektor UNP, anggota DPRD Sumbar Syawal Datuak Putiah dan Suharjono, Anggota DPRD Pasaman Martias Kuncoro, kepala OPD Pemkab Pasaman, Wali Nagari serta tokoh masyarakat setempat.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021