BNI Wilayah 02 salurkan bantuan PKH dan program sembako melalui Agen46

id BNI, bansos pkh, program sembako, agen46, wilayah02

BNI Wilayah 02 salurkan bantuan PKH dan program sembako melalui Agen46

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos disalurkan BNI Wilayah 02 melalui e-warong/ Agen46. (ANTARA/HO-BNI)

Padang (ANTARA) - Bank Negara Indonesia (BNI) telah melakukan upaya percepatan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun program sembako/BPNT sehingga bisa diterima masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia lebih awal.

Penyalurannya, BNI telah menyiapkan lebih dari 9.136 Agen46 penyalur Bansos dan lebih dari 994 mesin ATM aktiv di Wilayah 02 yang bisa digunakan sebagai tempat transaksi Bansos oleh KPM, kata Pemimpin BNI Wilayah 02 area Sumbar Riau dan Kepri Faizal Arief Setiawan seperti rilis diterima di Padang, Senin.

Percepatan penyaluran sebagai upaya mendukung program pemerintah terkait penyaluran Bansos naik PKH maupun Program Sembako/BPNT dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seperti saat ini.

Faizal mengatakan saat ini BNI diberikan tugas untuk menyalurkan Program Sembako kepada 5,7 juta KPM dengan total dana sebesar Rp9,46 triliun dan Bansos PKH kepada 4,1 Juta KPM dengan total dana sebesar Rp.7,05 Triliun.

Saat ini semua dana tersebut telah langsung disalurkan kepada rekening dan Wallet KPM sesuai peruntukannya, tambah Faizal.

Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Dinas Sosial, Satgas COVID-19, aparat keamanan dan Pendamping Bansos.

BNI melakukan upaya percepatan dengan berbagai cara diantaranya memberikan informasi kepada KPM untuk segera mencairkan seluruh Bansos yang telah diterima yaitu program sembako/BPNT dalam 3 (tiga) tahap sekaligus yaitu Tahap VII, VIII dan IX dan Bansos PKH 1 (satu) Tahap.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos disalurkan BNI Wilayah 02 melalui e-warong/ Agen46. (ANTARA/HO-BNI)


Upaya lainnya adalah mengingatkan e-warong/Agen46 penyalur Bansos untuk memastikan stock sembako telah tersedia dengan harga wajar.

Kemudian memastikan kesiapan mesin EDC pada e-warong/Agen46, memastikan ATM BNI diseluruh Indonesia bisa beroperasi 24 Jam dengan stock uang yang selalu terjaga serta mengingatkan untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (3M) saat KPM bertransaksi di e-Warong/Agen46 maupun di ATM.

Faizal menegaskan serta mengimbau kepada seluruh KPM oenerima Bansos untuk segera mencairkan semua Bansos yang sudah masuk rekening atau wallet masing masing yaitu program sembako yang sudah masuk dalam 3(tiga) tahap dan atau Bansos PKH yang sudah masuk satu tahap baik di e-warong/Agen46 maupun ATM BNI yang tersebar diseluruh BNI Wilayah 02.