Pemkab Tanah Datar tingkatkan pelayanan publik berkualitas

id Tanah Datar, Sumbar, Padang

Pemkab Tanah Datar tingkatkan pelayanan publik berkualitas

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian (Antara/Ho Humas Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Richi Aprian meminta pejabat pelayan publik di daerah itu untuk penyamaan persepsi sehingga tercipta sinergitas pelayanan publik yang berkualitas.

"Saya tekankan perlu penyamaan persepsi petugas pelayanan publik mulai dari kabupaten, kecamatan, dan nagari sehingga tercipta sinergitas pelayanan dengan standar operasional prosedur serta kualitas layanan yang sama di semua tingkatan," kata Wakil Bupati Richi Aprian di Batusangkar Minggu.

Ia mengatakan petugas pelayanan merupakan ujung tombak untuk bisa tercapainya peningkatan indeks kepuasan publik, sehingga diperlukan kerja sama pihak terkait.

"Pelayan publik merupakan ujung tombak agar bisa tercapainya peningkatan indeks kepuasan publik. Untuk itu mari bersama bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas," katanya.

Ia mengatakan program pelayanan publik sejalan dengan misi ke lima pemerintah Tanah Datar dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien.

Dengan program unggulan tersebut bisa meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat yang jauh dari ibukota kabupaten.

"Beberapa waktu lalu kami, sudah melaunching pelayanan publik Tanah Datar di ujung jari, di mana salah satu pionernya layanan administrasi kependudukan, masyarakat cukup mengurus dari rumah saja," katanya.

Ia berharap dengan perubahan paradigma itu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan administrasi kependudukan serta capaian kepemilikan dokumen kependudukan.

Diantaranya kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, kartu identitas anak, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian serta dokumen kependudukan lainnya.

"Memudahkan urusan untuk masyarakat itu merupakan bentuk ajakan kita untuk bisa memiliki dokumen kependudukan secara lengkap, sehingga ketika dibutuhkan saat pengurusan kepentingan tertentu semua sudah dimiliki," katanya.(*)
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar