Sumbar siapkan "bandwidth" besar dan peladen khusus untuk PPDB 2021

id PPDB SMA Sumbar 2021,ppdb sumbar 2021

Sumbar siapkan "bandwidth" besar dan peladen khusus untuk PPDB 2021

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyediakan "bandwidth" atau lebar pita frekuensi sebesar 1 GB dan peladen khusus sebagai persiapan pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) daring tingkat SMA Tahun 2021.

"Kami sudah evaluasi persoalan yang muncul pada PPDB 2020. Salah satu kendala adalah sistem yang sering "down". Pada PPDB 2021 kita benar-benar persiapkan secara matang," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri di Padang, Sabtu (1/5).

Ia mengatakan aplikasi untuk PPDB tahun ini sepenuhnya diserahkan pada Dinas Kominfo Sumbar. Aplikasi itu didukung lebar pita frekuensi yang memadai serta server khusus agar tidak lagi menjadi masalah ketika pendaftaran dilaksanakan.

"Pada 2020, awalnya aplikasi PPDB akan diadakan dari pusat. Namun kemudian diserahkan pada daerah. Karena waktu yang mepet persiapan menjadi tidak maksimal. Hal itu menjadi pelajaran untuk PPDB selanjutnya," ujar Adib.

Aplikasi untuk PPDB 2021 di Dinas Kominfo Sumbar sudah mulai dikerjakan sejak Agustus 2020. Dengan waktu yang relatif panjang, diharapkan hasilnya lebih maksimal.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar Jasman mengatakan aplikasi PPDB 2021 tersebut sudah selesai dikerjakan dan segera diujicobakan.

Ada beberapa penyesuaian yang dilakukan di antaranya terkait entri data yang sebelumnya cukup banyak, sekarang disederhanakan.

"Sebelumnya banyak data dengan format JPG atau PDF yang harus dientri oleh calon peserta dan orang tua. Selain menyulitkan juga memberatkan sistem. Aplikasi PPDB 2021 kita coba sederhanakan," ujarnya.

Data yang berkaitan dengan siswa dan asal sekolah telah dientrikan langsung oleh operator di SMP sederajat. Datanya sekarang sudah masuk hampir 100 persen. Dengan demikian calon peserta nantinya hanya perlu mengentrikan beberapa data lagi, tidak sebanyak tahun lalu.

"Kita juga tambah kapasitas lebar pita frekuensi agar lebih lancar. Tahap awal kita coba 500 MB. Jika ada kendala kita tambah jadi 1 GB," katanya.

Selain itu Dinas Pendidikan juga membantu pengadaan server dengan kapasitas 150 ribu orang. Server itu khusus untuk PPDB 2021, tidak dicampur dengan yang lain.

PPDB SMA Sumbar pada 2021 diperkirakan akan digelar pada akhir Juli 2021.