FISIP Unand luncurkan Buku Bustanuddin Agus Berkayuh Biduk Melawan Arus

id buku bustanuddin agus,Unand luncurkan Buku Bustanuddin Agus,Buku Bustanuddin Agus Berkayuh,Bustanuddin Agus Berkayuh Bid,berita padang, berita sumbar

FISIP Unand luncurkan Buku Bustanuddin Agus Berkayuh Biduk Melawan Arus

buku Bustanuddin Agus Berkayuh Biduk Melawan Arus (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand) Padang meluncurkan buku Bustanuddin Agus Berkayuh Biduk Melawan Arus yang merupakan guru besar Sosiologi Agama berisi perjalan hidup dan pemikiran yang bersangkutan sebagai dosen.

"Buku ini pada awalnya disiapkan sebagai kado menjelang purna bakti yang bersangkutan memasuki usia 70 tahun, namun sepekan usai purnabakti yang bersangkutan telah lebih dahulu wafat tepatnya 9 September 2018," kata Dekan FISIP Unand Dr Azwar di Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Menurut dia buku setebal 474 halaman ini menggambarkan konsistensi yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas sebagai dosen di FISIP Unand dan memperjuangkan nilai-nilai kebenaran kendati harus melawan arus.

Tidak hanya itu di dalamnya juga terdapat hasil karya sebagai dosen mulai dari laporan penelitian, buku, artikel, tulisan di media hingga karya ilmiah.

Sementara salah seorang editor Dr Elfitra menyampaikan buku ini merupakan dedikasi dan hadiah dari kami di FISIP Unand kepada yang bersangkutan sebagai guru.

"Dalam buku ini juga terbuka ruang untuk bersama-sama menganalisa pemikirannya terutama soal Sosiologi Agama," kata dia.

Sejalan dengan itu Rektor Unand Prof Yuliandri menyambut baik peluncuran buku tersebut yang memperkaya khasanah intelektual di Unand.

Buku yang diterbitkan Penerbit Erka tersebut terdiri atas enam bab meliputi perjalanan hidup, Bustanuddin Agus di mata kolega, mahasiswa dan sahabat, ulasan dari pengamat dan pakar soal pemikiran Bustanuddin hingga daftar hasil karya.

Buku tersebut disunting oleh Elfitra, Indraddin, Zuldesni dan Zeni Eka Putra.

Prof Bustanuddin Agus merupakan guru besar FISIP Unand bidang Sosiologi Agama.

Bustanuddin lahir di Bukittinggi pada 30 Agustus 1948 menyelesaikan S1 dan S2 di Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan menyelesaikan S3 di IAIN Syarif Hidayatullah.

Ia fokus dalam studi sosiologi agama dan telah menerbitkan sejumlah buku diantaranya Pengembangan Ilmu Sosial Studi Banding antara Pandangan Ilmiah dan Ajaran Islam, Sosiologi Agama, Ilmu Sosial Dalam Perspektif Islam.

Kemudian Islamisasi Ilmu Sosial Persepsi dan Karya Ilmiah Ilmuwan Sosial pro Islamisasi, Islam dan Pembangunan Sosial Serial Esai Sosiologi Agama.

Bustanuddin pernah menjabat Sekretaris Jurusan Sejarah Unand, Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Pengurus ICMI Sumbar, Pembantu Dekan I FISIP Unand, dan Ketua Bidang Ekonomi, Penelitian dan Pengkajian MUI Sumbar.