Ada buaya muara muncul di Objek Wisata Pasia Tiku Agam (Video)

id berita agam, berita sumbar, buaya muara

Ada buaya muara muncul di Objek Wisata Pasia Tiku Agam (Video)

Pengunjung sedang melihat buaya yang muncul, Selasa (Antara/Istimewa)

Lubukbasung (ANTARA) - Satu ekor buaya muara atau Crocodilus porosus muncul di Objek Wisata Pasia Tiku, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat saat pengunjung ramai di lokasi itu, Selasa (2/3) siang.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjungmutiara, Weri Ikhwan di Lubukbasung, Selasa, mengatakan buaya itu pertama kali muncul di Pantai Pasia Tiku sekitar pukul 14.00 WIB.

Setelah itu buaya tersebut muncul di Pantai Mutiara Banda Gadang sekitar pukul 15.00 WIB dan Pantai Pasia Tiku sekitar pukul 17.20 WIB.

"Pantai Pasia Tiku sedang ramai dikunjungi wisatawan, sehingga menjadi tontonan bagi wisatawan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah melaporkan kemunculan buaya itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar melalui Resor Agam, untuk melakukan upaya agar buaya itu tidak menyerang warga.

"Saya telah melaporkan kemunculan buaya itu ke Resor Konservasi Sumber Daya Alam Agam," katanya.

Tempat terpisah, Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar Ade Putra menambahkan pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi setelah mendapat informasi itu.

"Saat ini tim Resor KSDA Agam sedang menuju lokasi munculnya buaya itu," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya ke lokasi untuk mencari tahu penyebab buaya dengan panjang sekitar tiga meter itu muncul ke lokasi objek wisata, karena buaya tidak pernah muncul sebelumnya.

Selain itu, mencari asal habitat buaya tersebut.

"Buaya bisa menyesuaikan diri dengan air laut, karena habitatnya di muara," katanya.

Ade mengimbau pengunjung untuk todak melakukan aktivitas berupa mandi dan bermain di pantai itu, agar tidak diserang buaya.



Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar