Keberadaan SPBU mini mulai menjamur di Tanah Datar

id berita tanah datar,berita sumbar,SPBU

Keberadaan SPBU mini mulai menjamur di Tanah Datar

Keberadaan Pertashop di Kabupaten Tanah Datar. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Secara bisnis pertashop dinilai menjanjikan boleh, namun dari sisi aturan harus ditaati, mulai dari izinnya dan segala macamya karena jarak pertashop dari SPBU juga diatur,
Batusangkar (ANTARA) - Keberadaan pertashop atau SPBU mini di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mulai menjamur hingga memudahkan masyarakat di daerah itu dalam mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD PPKB) Tanah Datar, Nofenril di Batusangkar Selasa, mengatakan menjamurnya pertashop karena dinilai menjanjikan dan menguntungkan dari sektor pendapatan.

Meski dinilai menjanjikan, namun ia mengingatkan penyedia atau pengelola harus menaati aturan yang telah ditetapkan hingga tidak berdampak pada usaha tersebut.

"Secara bisnis pertashop dinilai menjanjikan boleh, namun dari sisi aturan harus ditaati, mulai dari izinnya dan segala macamya karena jarak pertashop dari SPBU juga diatur," katanya.

Ia mengatakan memang setiap nagari di daerah itu terutama nagari yang di daerah sekitarnya belum memiliki SPBU didorong untuk mendirikan pertashop di nagari.

Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan bakar minyak serta memberikan peluang kepada nagari itu dalam membangun kemandirian hingga menjadi sumber Pendapatan Asli Nagari (PAN).

Ia mengatakan kesanggupan itu semua diserahkan kepada masing-masing nagari, karena pihaknya

tidak memaksakan bagi nagari yang memiliki keuangan yang masih terfokus untuk prioritas fisik dan pemberdayaan.

"Tergantung keuangan nagari, kita akan mendorong nagari jika keuangannya sanggup, tapi kalau keuangan nagari masih prioritas fisik dan pemberdayaan kita tidak paksakan, kalau setiap nagari ada pertashop tentu tidak bagus pula," katanya.

Ia mengatakan saat sosialisasi petunjuk teknis pertashop bagi wali nagari se Kabupaten Tanah Datar pada Desember tahun lalu jumlah pertashop yang telah berdiri dan beroperasional sebanyak tiga unit, yakni di Padang Magek Rambatan, Tanjung Bonai Lintau Buo Utara dan Andaleh Baruah Bukik Sungayang.

Jumlah itu bisa saja bertambah karena penawaran izinnya bukan ke pemerintah kabupaten melainkan langsung ke pihak pertamina

Sementara berdasarkan pantauan di sepanjang jalan raya Batusangkar-Bukittinggi, dimulai dari simpang Baso hingga pasar Sungai Tarab tampak berdiri dua unit pertashop, satu unit masih tahap pembangunan dan satu unit sudah mulai beroperasi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar